Ad Unit (Iklan) BIG

Upacara Adat Perkawinan Batak Toba

Upacara Adat Perkawinan Batak Toba
Ulos tak dapat pisahkan dari keseluruhan Ritus Perkawinan Adat Batak Toba


Dalam adat Batak Toba, penyatuan dua orang dari anggota masyarakat melalui perkawinan tak bisa dilepaskan dari kepentingan kelompok masyarakat bersangkutan. Demikianlah keseluruhan rangkaian ritus perkawinan adat Batak-Toba mengiyakan pentingnya peran masyarakat, bahkan ia tak dapat dipisahkan dari peran masyarakat.

Inilah yang terlihat dari dinamika rangkaian ritus perkawinan adat Batak-Toba, sebagaimana akan diuraikan Tulisan ini.

Rangkaian Ritus Perkawinan Adat Batak Toba

Bagi orang Batak Toba, perkawinan merupakan hal yang sangat penting dalam ‘peralihan’ (transisi) dari satu kelompok sosial ke kelompok sosial yang lain. Dikatakan “hal yang sangat penting” karena perkawinan berdampak pada perubahan struktur kekerabatan: suku, keluarga, marga, kampung, tempat tinggal dan lain sebaginya.

Artinya, penyatuan dua orang dari anggota masyarakat melalui perkawinan tak bisa dilepaskan dari kepentingan kelompok masyarakat bersangkutan.

Sedemikian pentingnya peralihan itu sehingga upacara perkawinan adat diperlakukan secara istimewa. Salah satu contoh yang tampak jelas adalah upacara “cross gift” (tukar kado, pertukaran hadiah) antar garis keturunan yang diungkapkan dalam ritus mangulosi. >> Lanjut Baca


lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Subscribe Our Newsletter