Entri yang Diunggulkan

Kita Sedang Memproduksi Diri Kita Sendiri

Sejalan dengan Michel Foucault, di dunia postmodern, orang tak ingin menemukan dirinya sendiri, rahasia-rahasianya dan kebenarannya yang tersembunyi. Orang justru merasa diwajibkan untuk menciptakan dirinya sendiri. Melalui kemajuan teknologi transportasi dan komunikasi, relasi antar manusia semakin…

Fenomena Sosial



Konsumen semakin tidak sabaran, kian menuntut dan makin susah digapai. Hal ini membuat semua teori dan trik berjualan pemasaran yang selama ini ampuh, terlihat tumpul.

Dahulu para pelaku pasar (penjual dan produsen) adalah guru. Mereka yang mengajari konsumen bagaimana mendengarkan musik melalui piringan hitam dan tape-recorder. Kini, pembelajaran semacam itu telah absolete. Guru besar ritel (perdagangan) saat ini adalah konsumen.

Konsumen lah yang mengajari kita bahwa mendengarkan musik harus berkualitas suara tinggi, praktis, cepat, kapan saja dan dimana saja. Konsumen mengajarkan bahwa berkomunikasi harus murah, dua arah, dengan gambar dan video, dimana saja dan kapan saja.

Mereka mengajari pasar ritel bahwa untuk berbagi dihari bahagia tidak lagi dengan makanan dan minuman sedap, tetapi dengan produk yang memberikan the new social currency. Mereka yang bisa lolos dan memahami fenomena ini ialah mereka yang berhasrat (passion) terhadap pelajaran pasar ini, dan memiliki tujuan untuk menjadi leader of the market place.

Mengapa “pemain” pasar kerap gagal? kebanyakan perusahaan (kecil dan besar) keukeuh dengan struktur organisasi mereka yang hanya mengikuti kebiasaan, yang ternyata sudah obselete. Juga karena fokus dan cara berfikirnya masih pada kehebatan di masa lampau. Sudah lama mereka menggunakan kapak, tapi sering lupa mengasahnya.

Tak heran bila kampanye massal, seperti iklan sudah tidak dipercaya oleh konsumen. Membangun merek melalui engagement lebih dipercaya, sebab saat ini konsumen tak dapat dikontrol.

Cara ini membutuhkan interaksi dua arah. Maka ikutkanlah konsumen dalam pembuatan “peraturan” agar perusahaan Anda tidak cepat kadaluarsa serta (tetap) memiliki keadilan. Teknologi komunikasi sangat membantu Anda.
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter