Entri yang Diunggulkan

Simulacra dan Realitas Semu

Jean Baudrillard Bicara tentang komunikasi, tepatnya filsafat komunikasi tak bisa dilepaskan dari filsup bernama Jean Baudrillard.  Filsafat komunikasi yang dimaksud ialah suatu disiplin yang menelaah pemahaman secara fundamental, metodologis, sistematis, analitis kritis, dan holistis teori dari pro…

Kecelakaan vs Doa Lingkungan

Kecelakaan 27 Maret 2009






Luka di bagian kiri badan, mulai dari bahu, telapak tangan, lutut, jempol kaki kuperoleh malam tadi, sekitar pkl 19.45 wibb (27 Maret 2009).

Dalam sebuah perjalanan menuju doa lingkungan di Lingkungan St. Petrus, Paroki Tanjung Selamat, Medan. Ceritanya aku mau menjemput Sr. Clarentia FCJM (seksi katekese paroki) terlebih dulu.

Kebetulan dia mau ikut doa lingkungan. Bersama Megapro, motor kesayanganku, kami berdua pun melaju pelan2. Maklumlah, bonceng suster. Tibalah di Jl. Setia Budi, Gg Assisi. Kami harus belok kanan...

Berbekal lampu sen sebelah kanan, aku belok pelan2, menyeberangi jalan raya, persis di pertigaan asisi-setia budi itu. Sudah nyaris berhasil masuk jalur kiri jalan setia budi dengan sempurna.

Tapi tiba-tiba... @#('!') Gubrakkk...

Persis dari bekakang kami, sebuah sepeda motor bebek yang pada waktu menyeberang belum tampak olehku-menabrak kami, persis di bagian depan sepeda motorku yang belum belok dengan sempurn.

Syahdan, aku dan suster jatuh, begitu juga dengan pemuda yang menabrak kami. Sepeda motor hancur...

Saya pikir suster tidak apa-apa, tak terluka kayak saya. Soalnya, walaupun ditabrak dari sebelah kiri, aku tetap usahakan jatuh ke sebelah kanan, agar suster yang duduk menyamping ke sebelah kiri (seperti kebanyakan wanita duduk dengan posisi seperti ini) bisa lompat dan selamat.

Tapi dugaanku salah.. ternyata suster jatuh dalam posisi duduk, sehinga menyentuh aspal. Tulang pinggulnya bergeser dan ia merintih kesakitan. Saya yang baru bangkit dari jatuh langsung mencari suster dan bertanya bgmn kondisinya.....

Tiba-tiba saja banyak orang berkerumun, seperti ada yang mengkomando. Ada yang menolong berdirikan sepeda motor, ada yang mencari-cari kacamataku yang terjatuh, dan banyak yang menahan, bahkan terkesan mengeroyok si pelaku.

Tapi aku tidak peduli dengan apa yang mereka lakukan. Yang jelas banya kebetulan-kebetulan yang terjadi tadi malam. Entah darimana Sr. Virgin FCJM (ibu komunitas) kok sudah ada di tempat.

Untung ada beliau, sehingga ada orang yang membawa Sr. Clarent FCJM, teman serumahnya, ke 'rumah sakit'. Dan aku...

Aku langsung kepikiran lingkungan St. Paulus. Aku sudah janji datang malam ini kepada ketua lingkungan dan umat di sana. Tapi masih ada hambatan. 

Suster sudah dibawa ke 'rumah sakit', namun pelaku masih dalam kondisi dikerumuni massa. Massa yang datang beragam, mulai dari tukang beca hingga pedagang....


Medan, Jl. Setia Budi - Simpang Selayang
Jumat, 27 Maret 2009

lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter