Entri yang Diunggulkan

Simulacra dan Realitas Semu

Jean Baudrillard Bicara tentang komunikasi, tepatnya filsafat komunikasi tak bisa dilepaskan dari filsup bernama Jean Baudrillard.  Filsafat komunikasi yang dimaksud ialah suatu disiplin yang menelaah pemahaman secara fundamental, metodologis, sistematis, analitis kritis, dan holistis teori dari pro…

Setoples Kacang Dalam Genggaman Anak

Pada Tahun Baru 2019 lalu, seorang anak laki-laki bertamau ke rumah kami. Ia adalah anak penyuka kacang goreng. Saat berada di rumah, ia melihat toples besar berisi kacang kesukaannya. Ia pun meminta ijin ibunya yang turut bersamanya.

Sang ibu mengijinkannya. Si anak memasukkan tangannya ke dalam toples dan mengambil kacang yang ada di dalamnya. Hanya saja ia tampak tergesa-gesa dan sedikit maruk saat memasukkan tangannya kedalam toples. 

Liahtlah, ia mengambil kacang tersebut dengan genggaman yang sangat besar. Hasilnya, ia tak dapat menarik tangannya keluar. Ia hanya bisa berdiri, diam seribu bahasa di dekat meja sana. Tampak jelas bahwa ia diam-diam berjuang  mengeluarkan tangannya. 

Herannya, ia justru tak rela untuk melepaskan sebiji kacangpun dari genggamannya. Ya, anak itu ingin mengambil kacang digenggamannya semuanya, sekaligus!

Tapi karena tak mampu mengeluarkan tangannya, ia merasa kecewa dan putus asa. Sang anak pun mulai menangis.

“Putraku, mengapa menangis?” tanya sang ibu. Sang anak terus menangis sambil menunjuk tangan kanannya yang terjebak di dalam botol.

Sembari perlahan mengeluarkan tangan anaknya, sang ibu berpesan, “Ambillah kacang tersebut setengah genggam saja, sehingga kamu akan lebih mudah mengeluarkan tanganmu dari toples tersebut. Ingat putraku, kamu tetap akan bisa memiliki lebih banyak kacang jika kamu mengambilnya sedikit demi sedikit, dan berulang-ulang.”

Demikian pula kehidupan kita. Kita sering mengerjakan banyak hal sekaligus, tanpa menyadari betapa hal itu tak mungkin berhasil


Lusius Sinurat
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter