Entri yang Diunggulkan

Simulacra dan Realitas Semu

Jean Baudrillard Bicara tentang komunikasi, tepatnya filsafat komunikasi tak bisa dilepaskan dari filsup bernama Jean Baudrillard.  Filsafat komunikasi yang dimaksud ialah suatu disiplin yang menelaah pemahaman secara fundamental, metodologis, sistematis, analitis kritis, dan holistis teori dari pro…

Shadow Dalam Meditasi Kristiani

Shadow Dalam Meditasi Kristiani Bila shadow diterima akan menemukan jati diri. Jati diri nama lainnya : Roh Kudus, suara hati, nurani, hati kecil, spirit, sumber air hidup, kerajaan Allah, citra Allah, hidup kekal. Jati diri adalah pusat dari seluruh kepribadian manusia.

Jati diri bertindak seperti magnit, yi menarik/ merangkul/ menyatukan semua segi kepribadian kita. hal ini memberi perasaan utuh dan terintegrasi. Lambang jati diri : bunga mawar, mandala, teratai, perjamuan nikah (pernikahan antara shadow dengan persona), rumah, anak kecil.
Apa yang terjadi dlm meditasi ? 
Terjadi transformasi : pergeresan dari pusat kendali yang semula dikendalikan oleh ego kepada jati diri. Saat berlangsungnya pergeseran tsb,, terjadi : Proses ini ditandai oleh krisis: ketegangan, kepedihan, disorientasi dsb. ; karena ego merasa tidak aman, merasa kalah dan bertindak defensif. Dpl. Proses individuasi adalah proses untuk lebih bersikap nrimo apa yang terjadi dalam hidupku, pasrah ke pada Allah. Sebelumnya ego saya yang mengendalikan hidupku.
Kalau jati diri sudah jadi pusat diri maka hidup kita bersatu dengan Allah
  • Kita temukan kesatuan dengan allah dan sesama. passion à compassion. akibatnya hidup kita menjadi utuh, bermakna dan menghasilkan buah-buah roh. tkecantikan dari dalam terpancar. “life begins at forty” 
  • Dalam retret / doa hening yang mendalam, kita dapat berkontak dengan jati diri à pencerahan/ enlightment. 

Pertanyaan refleksi  

Saya di jalan raya mengendarai mobil, persis di depan saya ada mobil lain melakukan tabrak lari, saya yang berada pada tempat kejadian, apakah akan menolong ? atau tidak ? ... dengan segala resikonya!!! 


BUAH-BUAH MEDITASI

Menurut John Main : Tidak ada meditasi yang tidak berhasil, benih yang ditabur pasti ada yang tumbuh, mungkin tidak disadari tapi orang lain dapat merasakan. Menurut St Yoh Salib : Puncak G Karmel adalah tempat persatuan dengan Allah.

Jalan menuju puncak ada 3 jalan, hanya satu yang benar, sedang yang lain berujung buntu. Jalan sebelah kanan adalah jalan orang yang mencintai hal yang duniawi, jalan sebelah kiri adalah jalan orang2 yang menyukai hiburan rohani, sedangkan jalan yang di tengah adalah jalan yang menuju puncak yaitu jalan orang yang hanya mencintai Allah dan mengabaikan hal2 lain.

Perjalanan meditasi dapat dianalogikan dengan seorang yang mendaki gunung, ada masa-sulit yaitu menanggalkan ego untuk dapat buah-buah meditasi. Mantra yang diucapkan setiap hari adalah benih yang ditanam, setelah ditanam tak perlu ditanya bagaimana proses pertumbuhannya, tapi hasil pertumbuhannya dapat terlihat. Tak mungkin benih yang baik tidak akan tumbuh. John Main mengatakan bila seorang telah melewati 6 bln bermeditasi, ia akan memakai ukuran yang lain dalm bermeditasi.

Anggapan meditasi sebagai sesuatu yang supernatural ternyata tidak benar dalam satu seminar Fr Laurent menjelaskan bahwa meditasi adalah doa. Gal 5 : 25 Kasih sukacita kesabaran dll yang dibahas adalah tentang kasih.

Dalam suatu shering anggota meditator, seorang bapa yang juga ikut kelompok doa, suatu saat mengunjungi seorang ibu yang sakit kulit dan berbau yang disembunyikan anaknya karena malu.

Teman2 lain tidak tahan, tapi bapa ini masih tetap mendoakan meskipun tidak tahu doa apa yg tepat untuk ibu tsb, tapi akhirnya dia hanya bermeditasi berdoa maranatha, ternyata ibu tsb merasa lebih enak dan memohon boleh dimandikan, terjadi beberapa kali hingga suatu kali ibu dapat turun dari loteng dengan berseka, dan minta dibabtis, walau akhirnya suatu hari ia meninggal juga. Apa yang dilakukan bapa adalah hal kasih ia tidak mengajarkan ajaran2 ia hanya melayani dan berdoa saja selanjutnya Tuhan yang bekerja.

Benih2 yang ditanam dalam rupa Maranatha .. Tuhan Datang. Adalah benih yang baik, adalah benih Kasih dari Allah saat Allah diundang. Menanamkan benih kasih tentu akan membuahkan kasih juga. Fr Laurent mengatakan meditasi membawa perubahan dalam membaca KS, cakrawala baru terbuka dengan pengalaman batin yang mendalam.

Meditasi membawa perubahan dalam menyadari kehadiran Allah dalm peristiwa sehari-hari baik yang menyenangkan maupun tidak mengenakkan. Meditasi menyelamatkan hidup perkawinan., tantang hidup perkawinan sekarang cukup berat, meditasi mengatasi ego pada pasangan. Pengalaman meditasi yang didapat tentu ingin dibagikan pada orang lain. Kita cukup menanam benih di sekitar tanpa perlu memikirkan pertumbuhannya.

Hal-hal yang membuat orang berhenti berkomunitas meditasi :
  1. Berharap sesuatu 
  2. Tidak ada guru pembimbing. Guru dapat bukan sebagai seorang pembimbing saja dapat dalam rupa buku-buku ajaran dari pembimbing MK. 
  3. Komunitas didirikan bukan untuk komunitasnyanya sendiri, tapi untuk kepentingan seseorang. 
  4. Orang merasa tidak dapat bermeditasi karena mengalami pelanturan yang mengganggu, tidak mendapat kedamaian yang diinginkan. 

PENUTUP

Sebagian besar masyarakat tempat tinggalnya muslim. Dalam suatu acara diputuskan agar warga pak Medi harus mengikuti acara dengan jumlah yang cukup banyak, awalnya ada kesulitan mengumpulkan masyarakat dan dana yang terbatas.

Selama ini pak Medy tekun bermeditasi tanpa mengharapkan sesuatu tapi, pekerjaan pak Medy ternyata berjalan lancar karena secara tidak terduga banyak warga secara spontan memberi sumbangan dan bantuan.

Sampai menjelang hari H cuaca yang tidak bersahabat, tapi pada saatnya semua berjalan lancar dengan peserta yang sangat banyak. Melalui banyak tantangan pak Medy hanya memberikan semangat, pelayanan kasih, dirasakannya inilah buah-buah meditasi.


Lusius Sinurat
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter