Ad Unit (Iklan) BIG

LF.04. Argumentum ad Verecundiam

Ad Hominem
* Diramu dari berbagai sumber Forum Sains dan Wikipedia
Tipe perdebatan Argument from Authority (Argumentum ad Verecundiam) adalah tipe perdebatan yang menggunakan kata-kata “para ahli” atau membawa-bawa otoritas tertentu sebagai pendasaran maksud argumentasinya serta menggunakan logika dan fakta untuk mendukung argumen itu.

Contoh:
  • "Profesor X, Doktor Y dari Pusat Riset ABC mengatakan berdasarkan penelitian ilmiah bahwa teori evolusi itu tidak dapat dibuktikan, dan yang benar adalah teori inteligent-design."
  • "Di Amerika pernah ada penelitian bahwa ketika orang yang meninggal ditimbang secara teliti, maka bobotnya berkurang sedikit. Ini membuktikan adanya roh yang meninggalkan tubuhnya."

Penjelasan:
  • Sesuatu tidak lantas menjadi benar hanya karena suatu otoritas mengatakan sesuatu hal. Bila pendebat memberikan testimoni dari seorang ahli, lihat apakah dilengkapi dengan alasan yang logis dan masuk akal, serta hati-hati terhadap keotentikan sumber dan bukti di belakangnya.
  • Seringkali suatu penelitian dibuat seakan-akan canggih dan terpercaya. Namun setelah dicek ke kelompok tempat ia bekerja ternyata ia tidak mendapatkan pengakuan, bahkan ditolak mentah-mentah hingga dianggap sebagai seorang pseudo-science.
  • Bahkan nama-nama ahli atau pusat riset tertentu yang dikatakannya adalah melulu fiktif. Sering juga terjadi bahwa orang bersangkutan mengutip penelitian tertentu secara sepotong-sepotong (tidak lengkap) dan out of context.
Selanjutnya: Argument from Adverse Consequences


lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Subscribe Our Newsletter