Entri yang Diunggulkan

Kita Sedang Memproduksi Diri Kita Sendiri

Sejalan dengan Michel Foucault, di dunia postmodern, orang tak ingin menemukan dirinya sendiri, rahasia-rahasianya dan kebenarannya yang tersembunyi. Orang justru merasa diwajibkan untuk menciptakan dirinya sendiri. Melalui kemajuan teknologi transportasi dan komunikasi, relasi antar manusia semakin…

Kritik Tak Menggelitik

Di era di mana internet sedang menjadi superstar ini kritik telah berubah menjadi sekedar tuduhan.
Kritik tak lagi ditanggapi sebagai "masukan berharga bagi subyek yang dikritik"

Dalam pengertian yang sebenarnya (KBBI), kritik (n) adalah kecaman atau tanggapan, kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat, dan sebagainya;

Kenyataannya, saat memberi kritik kepada orang lain, kita kerap keluar dari jalur relasional antara si pengkritik dan orang yang dikritik. 

Padahal kritik semestinya harus disampaikan dalam kerangka "saling membangun", baik orang yang memberi kritik, tapi terutama mereka yang dikritik.

Di tataran kehidupan sosial politik kita sering melihat cara para pengamat mengkritik pemerintah. 

Harus diakui bahwa ada juga segelintir pengamat yang memberi kritik sebagai masukan berharga bagi para pejabat pemerintah.

Tetapi serentak sebagian besar pengamat lebih sering memberi kritik tak berdasar pada data lapangan (yang didasarkan pada penelitian atau liputan langsung), bahkan kerap disampaikan dengan bahasa versi dukun: hanya komat kamit tapi isinya amit-amit.

Kritik semestinya demi kebaikan. Ya, demi memperbaiki atau membantu orang yang dikritik. Maka kritik terbaik adalah kritik membangun atau kritik yang bersifat memperbaiki.

Akhirnya, sebuah kritik adalah neraca penyeimbang antara sisi lebih dan sisi yang kurang; bukan "timbangan miring" yang sering diberlakukan para pedagang nakal atau para tauke saat menimbang hasil bumi di pelosok-pelosok sana.


Lusius Sinurat
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter