Entri yang Diunggulkan

Simulacra dan Realitas Semu

Jean Baudrillard Bicara tentang komunikasi, tepatnya filsafat komunikasi tak bisa dilepaskan dari filsup bernama Jean Baudrillard.  Filsafat komunikasi yang dimaksud ialah suatu disiplin yang menelaah pemahaman secara fundamental, metodologis, sistematis, analitis kritis, dan holistis teori dari pro…

Saat BidukMu Menepi di Tarabunga

Sekolah Menengah Agama Katolik St. Thomas Rasul Samosir adalah satu-satunya sekolah menengah keagamaan Katolik di Keuskupan Agung Medan (KAM). Sekolah yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderala Bimas Katolik Kementerian Agama (Ditjen Bimas Katolik Kemenag) ini bermula dari gagasan spontan Sihar Petrus Simbolon, S.Th, MM (Direktur Pendidikan Katolik) dan Dra. Yulia Sinurat, M.Pd. (Pembimas Katolik Sumut), diupayakan dan diwujudkan oleh Drs. Folulu Firmatus Laia (mantan Kankemenag Kab. Samosir) dan Pastor Nelson Sitanggang OFM Cap (Vikep Pangururan).


SMAK St. Thomas Rasul yang didirikan pada tanggal 11 September 2012 (SK Izin Operasional Dirjen Bimas Katolik Kemenag RI No. DJ.IV/Hk.00.5/168/2012 ini merupakan buah sinergitas antara Kemenag (Bimas Katolik) dan Gereja (KAM), bertumbuh dalam kreativitas pembina, pengurus dan pelaksana tugas Yayasan Pendidikan Kevikepan St. Thomas Rasul Pangururan KAM, dan kini sedang berziarah mewujudkan misi, visi dan tujuannya dalam semangat kerasulan sang pelindungnya, St. Thomas Rasul dengan motto "Scio cui Credidi" (Aku tahu kepada siapa aku percaya, 2 Tim 1:12).

Dua angkatan telah diluluskan oleh SMAK St. Thomas, dan sebagian dari mereka melanjutkan studi ke Pergururan Tinggi (PTN dan PTS), berkarya di lingkungan gereja, dan tak sedikit juga yang memutuskan masuk biara atau melanjut ke Seminari Tinggi.

Menjelang 5 (lima) tahun usianya, SMAK St. Rasul Samosir semakin percaya diri mempersiapkan generasi muda Katolik yang cerdas secara intelektual dan spiritual lewat pelayanan di bidang pendidikan dengan perhatian khusus pada pengembangan pribadi-pribadi Katolik yang jujur, adil, utuh, optimal, disiplin, mandiri, kreatif, gigih, cerdas, dan seimbang. 

Segala daya upaya ini dilakukan di sekolah berasrama (boarding school) yang terletak di Tuktuk Onan-Tarabunga, Simbolon Purba, Palipi, Samosir.


Lusius Sinurat
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter