Entri yang Diunggulkan

Kita Sedang Memproduksi Diri Kita Sendiri

Sejalan dengan Michel Foucault, di dunia postmodern, orang tak ingin menemukan dirinya sendiri, rahasia-rahasianya dan kebenarannya yang tersembunyi. Orang justru merasa diwajibkan untuk menciptakan dirinya sendiri. Melalui kemajuan teknologi transportasi dan komunikasi, relasi antar manusia semakin…

Indonesia United

Indonesia United
Untuk mempercepat pembangunan, NKRI harus berbentuk serikat (united) yang terbagi dalam beberapa negara bagian dengan kekhasannya masingi-masing (state). Otonomi Daerah secara umum dan secara khusus nyatanya justru membuat pembangunan timpang.

Ketika di satu provinsi listrik melimpah di provinsi lain malah hidup dalam gulita, sebagaimana yang terjadi dipelosok Papua, Gorontalo, Nias, dst.

Ketika di provinsi yang satu sudah membicarakan model pakaian terbaru, di provinsi lain masyarakatnya malah belum punya pakaian yang layak.

Nyatanya ketimpangan ini telah melahirkan perpecahan yang digagas secara politis, lewat pembedaan partai agamis dan partai nasionalis. elite politik nyatanya telah berhasil memecah belah daerah berdasarkan agama: daerahnya si Syariah dan daerahnya si Sarkonah. :)

Romo Mangun dan Gus Dur (keduanya sudah almarhum) pernah meramalkan bahwa Indonesia akan menjadi negara serikat pada tahun 2045.


Lusius Sinurat
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter