iCnHAQF62br424F1oK8RwyEkyucx21kDoKaV2DdH

Indonesia United

Indonesia United
Untuk mempercepat pembangunan, NKRI harus berbentuk serikat (united) yang terbagi dalam beberapa negara bagian dengan kekhasannya masingi-masing (state). Otonomi Daerah secara umum dan secara khusus nyatanya justru membuat pembangunan timpang.

Ketika di satu provinsi listrik melimpah di provinsi lain malah hidup dalam gulita, sebagaimana yang terjadi dipelosok Papua, Gorontalo, Nias, dst.

Ketika di provinsi yang satu sudah membicarakan model pakaian terbaru, di provinsi lain masyarakatnya malah belum punya pakaian yang layak.

Nyatanya ketimpangan ini telah melahirkan perpecahan yang digagas secara politis, lewat pembedaan partai agamis dan partai nasionalis. elite politik nyatanya telah berhasil memecah belah daerah berdasarkan agama: daerahnya si Syariah dan daerahnya si Sarkonah. :)

Romo Mangun dan Gus Dur (keduanya sudah almarhum) pernah meramalkan bahwa Indonesia akan menjadi negara serikat pada tahun 2045.


Lusius Sinurat

Posting Komentar

Saat menuliskan komentar, tetaplah menggunakan bahasa yang baik, sopan dan sebisa mungkin sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Please jangan mencantumkan link / tautan ya. Terimakasih.