iCnHAQF62br424F1oK8RwyEkyucx21kDoKaV2DdH

Politisasi Bencana

Politisasi Bencana
TGB: Saya Baru Hubungi Pak Jokowi, Beliau Sangat Berduka untuk NTB (Kompas, 6/8/18)

Kepada para politisi kacangan dan para pendukungnya, tolong jangan jadikan gempa bumi di Lombok sebagai alat politik untuk menyerang pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Pihak-pihak yang tak bertanggung jawab ini tega mengatakan bahwa "Lombok kena azab Allah SWT karena Gubernur Nusa Tenggara Barat TGB Muhammad Zainul Majdmendukung Jokowi".

Kalau Anda tak mampu pergi ke sana dan membantu para korban, minimal Anda mengirimkan bantuan berupa pakaian bekas, makanan, atau selimut bekas yang layak pakai untuk didistibusikan para relawan yang turun ke lapangan.

Kalau itu pun tak mampu Anda lakukan, ya berdoalah bagi keselamatan mereka, dan kepada para korban yang meninggal doakanlah agar amal hidupnya diterima Tuhan.

Bila berdoa bagi mereka yang tak sealiran politik dengan Anda terasa berat, minimal Anda diam saja dan jangan mengacaukan suasa duka bangsa ini dengan menebar hoax atau berita palsu serta ujaran kebencian yang tak beralasan.

Kalau Anda memang masyarakat Indonesia dan merasa WNI sejati, semestinya Anda harus ingat sila kedua Pancasila, "Kemanusiaan yang adil dan beradab."

Hanya mereka yang tak beradab yang kena azab. Kalau Anda tak percaya itu semestinya Anda tak memperlakukan manusia secara tak beradab.


Posting Komentar

Saat menuliskan komentar, tetaplah menggunakan bahasa yang baik, sopan dan sebisa mungkin sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Please jangan mencantumkan link / tautan ya. Terimakasih.