Entri yang Diunggulkan

Kita Sedang Memproduksi Diri Kita Sendiri

Sejalan dengan Michel Foucault, di dunia postmodern, orang tak ingin menemukan dirinya sendiri, rahasia-rahasianya dan kebenarannya yang tersembunyi. Orang justru merasa diwajibkan untuk menciptakan dirinya sendiri. Melalui kemajuan teknologi transportasi dan komunikasi, relasi antar manusia semakin…

Beta Marminggu

Beta Marminggu
“Beta mar-Minggu, eda,” kata Nai Sudung kepada Nai Jakkulak.
“Bah, nunga lupa eda. Par-ari Kamis do au, dang par-ari Minggu, jawab Nai Jakkulak.
Di kalangan orang Batah, dan hanya orang Batak yang menggunakan istilah "marminggu” untuk “beribadah pada hari Minggu”.

Kalau di tempat lain biasanya digunakan “beribadah”, “misa”, etc. Tapi gak apa-apa, Islam juga pake kata “Jumatan” kok :)

Kalimat ajakan “Beta mar-Minggu” oleh karenanya dapat diterjemahkan menjadi begini, “Hari ini hari Minggu toh. Ke gereja yuk”. Atau, kalau dia orang Katolik yang berdomisili di perkotaan atau dekat dengan gereja Paroki, cukup bilang begin, “Misa yuk!”

Dalam pemahaman teologis Kristen hari Minggu adalah hari khusus. Kalau Yahudi punya Sabbat, maka Kristen punya Hari Tuhan (Domunus dies, dominggus. Minggu), momentum sakral untuk merayakan kebangkitan Tuhan.
Pertanyaannya apakah seorang Kristen hanya wajib beribadah pada hari Minggu? Bagaimana dengan hari-hari lain?

Yang jelas, jawaban nai Jakkulak kepada edanya, Nai Sudung menjadi masuk akal,“Adik par lupa ya? Aku ini bukan par-ari Minggu (penganut ibadat hari Minggu) loh. Aku fanantik par-ari Kamis (ibadat setiapa hari Kamis.” :)

#SaiNaAdongDo



Lusius Sinurat
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter