Entri yang Diunggulkan

Kita Sedang Memproduksi Diri Kita Sendiri

Sejalan dengan Michel Foucault, di dunia postmodern, orang tak ingin menemukan dirinya sendiri, rahasia-rahasianya dan kebenarannya yang tersembunyi. Orang justru merasa diwajibkan untuk menciptakan dirinya sendiri. Melalui kemajuan teknologi transportasi dan komunikasi, relasi antar manusia semakin…

Memikirkan Orang Lain Itu Sebuah Pekerjaan

Memikirkan Orang Lain Itu Sebuah Pekerjaan
Di suatu senja nan sepi, seorang pertapa muda, dari Biara Gunung, tempat ia merenung hidup yang bertepi, sedang memandangi "dunia" di bawahnya dalam hening.

Ia melihat lautan manusia lalulalang bak semut yang saling menjemput makanan untuk teman-temannya. Sayup-sayup terdengar olehnya deruan kendaraan dan mesin-mesin pabrik; juga secara abstrak terlihat liukan asap hitam yang keluar dari corong pabrik yang berbaris di tepian kota.

Sesekali ia tersenyum dan tertawa oleh pesona 'gerak dunia' nyata itu, apalagi saat menyaksikan "kebodohan" orang yang lalu lalang entah sedang mengejar apa. Tapi tak jarang juga ia marah melihat hitamnya asap hitam dari pabrik yang menghalangi matanya.

Memang baru kali ini si pertapa keluar dari "persembunyian-nya" dan pergi ke tepi bukit, yang tak lain adalah tempat favorit dari pertapa tua, yang tak lain adalah suhu dari si pertapa tadi.

Dalam 'amarahnya' itu seorang sang guru pertapa tiba-tiba membangunkan si pertapa dari lamunan-nya, "Hai anak muda. Mengapa engkau tadi tersenyum, tertawa dan kini engkau tampak marah?"

Jawab si pertapa muda,"Aku sedang memandangi dunia, tempat kaum kita menjalani hidup. Lihatlah mereka itu. Mereka serba sibuk dan seakan-akan tak ada waktu mereka untuk beristirahat sejenak."

Sang guru pertapa tua itu pun menjawab singkat, "Betapa bodohnya engkau anak muda. Dari tadi aku juga menyaksikan engkau bekerja dengan tidak berhenti memikirkan apa yang mereka lakukan. Bukankah itu pekerjaan yang tidak mudah? Dan kini, engkau sendiri yang tak sempat memikirkan dirimu."

Tak jarang kita memang terlalu banyak memikirkan apa yang dilakukan orang lain, hingga kita lupa melakukan sesuatu untuk diri kita sendiri. 
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter