iCnHAQF62br424F1oK8RwyEkyucx21kDoKaV2DdH

Membuat Action Plan Cerdas Bersinergi

Membuat Action Plan Cerdas BersinergiRencana Tindakan (Action Plan, selanjutnya disingkat AP) Cerdas Bersinergi ini didasarkan pada visi, misi, dan sasaran Cerdas Bersinergi untuk membangun dan memperluas jejaring sosialnya (komunitas) dalam melayani masyarakat dengan cinta kasih (misericordia):WE SERVE YOU WITH LOVE.

Dengan AP ini, Cerdas Bersinergi, khususnya bidang Community Development-nya akan berupaya merespon dua panda-ngan sinergis, yakni: Penguatan Komunitas (ranah internal) dan Perwujudan Misi Cerdas Bersinergidalam membantu peserta binaannya (ranah ekseternal). Keseluruhan gerak langkah Cerdas Bersinergi ini berjalan di atas bisnis yang berorientasi non-profit (nirlaba). 

Untuk tujuan itu, Cerdas Bersinergi merasa sangat perlu menjalin kerjasama dengan Pemerintah setempat, khususnya dengan empat departemen lain yang terkait langsung dengan Cerdas Bersinergi tersebut (Medician Departemen, Psychologic Department, Human Resources Department, dan Publishing Department). Semua departemen ini berjalan demi kelangsungan Cerdas Bersinergi pada dekade mendatang.

Cerdas Bersinergi, oleh karenanya harus memastikan adanya jalinan kerjasama dengan lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan lembaga pemerintah yang secara khusus memberi perhatian anggota binaan. 

Kerjasama ini akan dijalankan dengan tulus, jujur, sederhana, namun tetap profesional. Tindakan ini juga dilakukan demi memaksimalkan kepentingan masyarakat dan nilai-nilai yang diperjuangkan oleh mereka.

Durasi kerjasama ini dilakukan dalam kurun waktu jangka pendek, jangka panjang, atau secara keberlanjutan. Kerjasama terjalin dalam bentuk pertukaran jasa atau pengadaan training, pemberdayan tenaga, atau dalam format lainnya oleh Community Development Cerdas Bersinergi.

Tujuan dari kerjasama ini adalah memperluas layanan dari LSM yang dimaksud, mengembangkan metode-metode keterampilan yang baru (training), membangun kemitraan baru dengan mereka, serta cara-cara lain yang variatif dan dinamis; yakni
  1. Mengembangkan kemitraan dengan pemerintah, swasta atau oranisasi masyarakat lainnya, baik dalam kurun waktu yang pendek maupun dalam waktu panjang dengan agenda utama adalah pengembangan komunitas.
  2. Mengurangi beban biaya yang harus ditanggung oleh masyarakat yang kurang mampu membiayai anggota binaan.
  3. Mempromosikan inovasi dan efisiensi dalam penyediaan jasa.
  4. Mendirikan basis informasi yang jelas dan bukti-bukti untuk pengambilan keputusan di masa yang akan datang.
  5. Memperkuat kolaborasi dan koordinasi, baik secara internal antara stakeholder Cerdas Bersinergi itu sendiri maupun dengan pihak lain untuk meningkatkan ruang gerak organisasi nirlaba di daerah binaan dan daerah lain yang terjangkau oleh Cerdas Bersinergi.
Tindakan-tindakan di atas dilaksanakan Cerdas Bersinergi sembari mengawasi proses implementasinya di lapangan, juga dengan tetap berkonsultasi dengan pihak-pihak lain yang bekerjasama dengan Cerdas Bersinergi.


lusius-sinurat

Posting Komentar

Saat menuliskan komentar, tetaplah menggunakan bahasa yang baik, sopan dan sebisa mungkin sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Please jangan mencantumkan link / tautan ya. Terimakasih.