iCnHAQF62br424F1oK8RwyEkyucx21kDoKaV2DdH

Perilaku Konsumen di Akhir Tahun

Perilaku Konsumen di Akhir Tahun
Perilaku konsumen (PK) adalah perilaku individu atau organisasi terhadap sebuah produk, terutama motivasi konsumen dalam mengambil keputusan terhadap produk tersebut: beli atau tidak beli!

PK ini biasanya dipengaruhi oleh 3 faktor, yaitu faktor pribadi, faktor psikologis, dan faktor sosial.

Nah, dengan memahami perilaku konsumen, Anda dapat melakukan evaluasi bisnis serta merancang strategi pemasaran kepada konsumen yang tersegmentasi dalam 5 tipe berikut:
  1. Konsumen yang loyal (Loyal Customers)--yang melakukan proses transaksional terhadap produk secara repetitif hingga perlu dipertahankan (baca: pelanggan).
  2. Konsumen yang impulsif (Impulse Shoppers)--yang suka melakukan pencarian produk tanpa tujuan yang jelas dan pada akhirnya melakukan proses transaksional.
  3. Konsumen yang suka tawar-menawar (Bargain Hunters)--yang melakukan proses transaksional berdasarkan penawaran terendah yang diberikan oleh perusahaan.
  4. Konsumen yang hanya melihat-melihat (Wandering Consumers)--yang hanya suka untuk melihat-lihat produk atau jasa yang Anda tawarkan.
  5. Konsumen Berdasarkan Kebutuhan (Need-Based Customers)--yang hanya membeli sesuatu berdasarkan apa yang mereka butuhkan.
  6. Konsumen adalah penopang bisnis. Maka Anda sebagai pebisnis harus memahami tipe-tipe perilaku konsumen di atas, agar Anda dapat menerapkan strategi pemasaran yang tepat.
Bagi teman-teman pebisnis, terutama para penjual merchandize, bulan inilah saatnya menambah stok jualan Anda.

Seperti kata sobat @luna_cheng_87 "You know what is this monthh? Do you know when people buy merchandize ? And what is december related to ?"

lusius-sinurat

Posting Komentar

Saat menuliskan komentar, tetaplah menggunakan bahasa yang baik, sopan dan sebisa mungkin sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Please jangan mencantumkan link / tautan ya. Terimakasih.