Entri yang Diunggulkan

Simulacra dan Realitas Semu

Jean Baudrillard Bicara tentang komunikasi, tepatnya filsafat komunikasi tak bisa dilepaskan dari filsup bernama Jean Baudrillard.  Filsafat komunikasi yang dimaksud ialah suatu disiplin yang menelaah pemahaman secara fundamental, metodologis, sistematis, analitis kritis, dan holistis teori dari pro…

Musik dan Lagu Liturgi (Part 3)

Musik dan Lagu Liturgi
Ilustrasi: Designed by Lusius Sinurat
Teknik Dirigen Umum

01. Aba-aba
i. Penting karena memperlihatkan irama sebagai dasar musik.
ii. Ekspresi dari lagu yang dibawakan.
iii. Maka, aba-aba harus jelas dan sederhana.
02. Aba-aba dan Tata Gestural
i. Badan harus rileks.
ii. Bagian atas badan harus tenang.
iii. Pandangan mata harus menyeluruh ke anggota koor/umat: tidak terpaku pada teks.
iv. Lengan sampai jari-jari harus fleksibel dna ringan.
v. Gerakan tangan biasanya antara mata sampai perut.
03. Aba-aba dan tahapannya

i. Sikap siap
  • Dirigen harus konsentrasi pada musik danlagu yang akan dibawakan.
  • Dirigen harus menguasai sikap badai (lih. Point 02 di atas).
  • Dirigen harus memaksa para anggota untuk memperhatikan dirinya.
ii. Saat mulai (in setting)
  • Biasanya dimulai dengan intro, kecuali lagu a capella (tanpa iringan).
  • Pandangan mata menyeluruh kepada anggota/jemaat secara menyeluruh.
  • Melakukan suatu gerakan pendahuluan (satu ketuk sebelumnya) untuk menjelaskan tempo, dinamika, dan interpretasi lagu.
iii. Saat mengakhiri lagu
  • Konsentrasi dirigen tidak boleh menurun sebelum lagu benar-benar selesai.
  • Gerakan tangan harus jelas sampai lagu selesai.
  • Biasanya lagu diakhirni dengan ritardando (diperlambat), namun ada lagu yang tanpa ritardando.
  • Gerakan atau kode tangan terakhir biasanya melingkar / ditarik ke dalam, atau dengan impulse (dengan sedikit hentakan).
04. Aba-aba dan Tanda Birama (yang umum dipakai di paduan suara)
i. Menurut biarama : 2/2; 2/4; 3/4; 4/4; 6/8
ii. Aba-aba resitatif
  • Merupakan kelompok nada, biasanya terdiri dari 2 atau 3 nada . 
  • Satu kelompok nada mendapat satu pukulan. 
  • Todak semua pukulan sama panajang. 
  • Contoh lagu: Bapa Kami (gregorian)
    1   2   3  3   3      3 3   2   3   1 0 1   2   3 5 5    5    5  6 5  3
    Bapa kami yang a-da di surga,  di- muliakan lah na- ma-Mu
    05. Dinamika dan Tempo: 
    Tanda-tanda penting dalam musik (yang umum dipakai di paduan suara). Lanjut Baca!



    lusius-sinurat
    Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

    Related Posts

    1 komentar

    Posting Komentar

    Komentar via email ke [email protected]






    DONASI VIA PAYPAL
    Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

    Subscribe Our Newsletter