Entri yang Diunggulkan

Simulacra dan Realitas Semu

Jean Baudrillard Bicara tentang komunikasi, tepatnya filsafat komunikasi tak bisa dilepaskan dari filsup bernama Jean Baudrillard.  Filsafat komunikasi yang dimaksud ialah suatu disiplin yang menelaah pemahaman secara fundamental, metodologis, sistematis, analitis kritis, dan holistis teori dari pro…

Birokrasi versus Jejaring Sosial

Relasi jejaring yang turun sebagai bentuk penata diri dari organisasi jaman informasi. 

Sama seperti birokrasi memberi warna pada jaman industri, hierarki mengendalikan jaman pertanian, serta kelompok kecil menguasai jaman nomadik - adalah pendekatan yang sangat penting dalam menampung motivasi dan inovasi berkembang menuju kepada penampilan yang paling optimal.

Struktur organisasi yang diturunkan dari masa pertanian dan industri adalah secara relatif kaku dan hirarkhis. Ilmu manajemen yang konvesional mengajarkan kepada kita bahwa rentang kendali manajemen memiliki batas efektivitasnya. 

Angka lima sampai tujuh merupakan batas seorang atasan mampu mengendalikan bawahannya. 

Kondisi ini menciptakan relasi yang linear antara individu dalam organisasi dengan birokrasi sebagai polanya yang paling dominan. 

Birokrasi sendiri bukanlah suatu dosa: ia hanya terbatas dan memang sebaiknya demikian, untuk fungsi-fungsi dimana ia paling sesuai. Pola pertumbuhan seperti yang tertayangkan pada gambar di atas adalah menggelarkan pertumbuhannya.


Majalaya, 14 Sept 2011
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter