iCnHAQF62br424F1oK8RwyEkyucx21kDoKaV2DdH

Birokrasi versus Jejaring Sosial

Relasi jejaring yang turun sebagai bentuk penata diri dari organisasi jaman informasi. 

Sama seperti birokrasi memberi warna pada jaman industri, hierarki mengendalikan jaman pertanian, serta kelompok kecil menguasai jaman nomadik - adalah pendekatan yang sangat penting dalam menampung motivasi dan inovasi berkembang menuju kepada penampilan yang paling optimal.

Struktur organisasi yang diturunkan dari masa pertanian dan industri adalah secara relatif kaku dan hirarkhis. Ilmu manajemen yang konvesional mengajarkan kepada kita bahwa rentang kendali manajemen memiliki batas efektivitasnya. 

Angka lima sampai tujuh merupakan batas seorang atasan mampu mengendalikan bawahannya. 

Kondisi ini menciptakan relasi yang linear antara individu dalam organisasi dengan birokrasi sebagai polanya yang paling dominan. 

Birokrasi sendiri bukanlah suatu dosa: ia hanya terbatas dan memang sebaiknya demikian, untuk fungsi-fungsi dimana ia paling sesuai. Pola pertumbuhan seperti yang tertayangkan pada gambar di atas adalah menggelarkan pertumbuhannya.


Majalaya, 14 Sept 2011

Posting Komentar

Saat menuliskan komentar, tetaplah menggunakan bahasa yang baik, sopan dan sebisa mungkin sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Please jangan mencantumkan link / tautan ya. Terimakasih.