Entri yang Diunggulkan

Simulacra dan Realitas Semu

Jean Baudrillard Bicara tentang komunikasi, tepatnya filsafat komunikasi tak bisa dilepaskan dari filsup bernama Jean Baudrillard.  Filsafat komunikasi yang dimaksud ialah suatu disiplin yang menelaah pemahaman secara fundamental, metodologis, sistematis, analitis kritis, dan holistis teori dari pro…

25 Desember Tak Sekedar Natal

25 Desember Tak Sekedar Natal
Semua orang (terutama orang Kristen) tahu bahwa tanggal 25 Desember adalah hari kelahiran Mesias, Yesus Kristus.

Pada kenyataannya, banyak orang, termasuk orang Kristen di wilayah Eropa (dan diikuti oleh belahan duni lainnya) malah lebih mengutamakan perayaan hari saat Sinterklas membagi-bagikan hadiah kepada semua mahluk di bumi (hari Santo Nikolas yang sebenarnya adalah tanggal 6 Desember) atau tradisi lain yang sesungguhnya tidak ada kaitannya secara langsung dengan kelahiran Mesias.

Bisa jadi karena, selain memperingati Kelahiran Yesus Kristus, pada tanggal 25 Desember juga tercatat sebagai tanggal penting untuk beberapa peristiwa bersejarah di dunia yang oleh beberapa bangsa atau negara atau kelompok orang tertentu dipandang penting dan wajib dirayakan.

Apa saja itu ?

* * * * *
  • Penobatan Kerajaan - Sisilia - Italia, 25 Desember 1130 
Pada tahun 1130, kanselir Roger II dari Sisilia menjadi Raja Sisilia pertama dan dinobatkan di hari Natal. Kerajaan dan Raja Hungaria pertama juga dibentuk dan dinobatkan pada hari Natal pada tahun 1000 oleh Raja Stephen I.
  • Gempa Bumi - Changma - Cina, 25 Desember 1932
Pada tanggal 25 Desember 1932 terjadi gempa bumi dengan kekuatan 7,6 skala ritcher di Changma, Cina. Gempa bumi ini menelan 275 korban meninggal dunia, 320 luka parah dan menghancurkan 1167 rumah penduduk. Seluruh area Changma hancur, berikut juga propinsi Gansu yang saat itu pada tahun 1930an adalah rumah bagi jutaan penduduk.
  • Wafatnya Joan Miró - Catalonia - Spanyol, 25 Desember 1893 
Pelukis surealis asal Catalonia Spanyol ini meninggal di hari Natal tahun 1983 di rumahnya di Palma, Mallorca. Lahir di Barcelona pada tahun 1893, nama Miró mulai mendunia dengan karyanya yang sangat unik. Bukan hanya sebagai pelukis, Miró juga terkenal sebagai perupa dan ahli keramik dan telah menerbitkan beberapa buku ilustrasi.
  • Pembutaan Musuh Politik era Kekuasaan Byzantium - Byzantium - Kekaisaran Roma Timur, 25 Desember 1261
25 Desember 1261, Michael VIII Palaeologus, salah satu penguasa Kerajaan Romania Timur menjatuhkan musuh politiknya John IV Lascaris dengan cara membutakan mata lawannya dan membuangnya.
  • Badai Taufan Tracy- Darwin - Australia, 25 Desember 1974
Pada hari natal tahun 1974, kota Darwin terserang oleh badai taufan Tracy yang merusak hampir 90% isi kota tersebut. Tidak terhitung jumlah korban yang terluka, namun tercatat 71 orang meninggal dan ribuan terlantar tanpa rumah. Angin yang menerjang dengan kecepatan 135mph merusak bangunan tinggi dan membawa hujan besar yang membanjiri satu kota tersebut. 

Kota Darwin kembali dibangun setelah kejadian naas tersebut, namun banyak bangunan yang tidak dapat dikembalikan ke bentuk semula. Bruce Stannard dari Koran The Age mengatakan bahwa badai taufan Tracy adalah "Bencana tingkat tinggi," yang "tidak ada bandingannya sepanjang sejarah Austalia."

  • Reaktor Nuklir F-1- 25 Desember 1946
Pada hari natal tahun 1946, nulklir reaktor F-1 dari Soviet menjadi reaktor nuklir pertama yang beroperasi di luar Amerika Serikat. F-1 masih beroperasi sampai hari ini, membuatnya menjadi reaktor nuklir tertua di dunia.
  • Meninggal di hari Natal: Charlie Chaplin- Swis, 25 Desember 1977
Lahir tahun 1889, Charlie Chaplin, aktor film gagu yang legendaris ini meninggal pada tanggal 25 Desember 1977 di Swis. Terkenal dengan film klasik seperti The Kid, The Tramp and The Dictactor, aktor ini juga terkenal dengan penampilannya yang unik yaitu topi bulat, celana baggy dan kumisnya yang khas. Chaplin sendiri adalah seorang figure penting di industri film, sedangkan popularitasnya di dunia film gagu tidak bisa terkalahkan, kecuali mungkin oleh Buster Keaton.
  • Stone of Destiny (Batu Takdir) - Westminister Abbey - Inggris, 25 Desember 1950
Pada hari Natal tahun 1950, sekelompok murid sekolah di Skotlandia mencuri Stone of Destiny (Batu Takdir) atau juga dikenal sebagai Stone of Scone yang adalah batu yang digunakan untuk upacara penobatan kerjaan Inggris. Batu ini dicuri dari Westminister Abbey sebagai ejekan mereka terhadap pemerintah Inggris. Batu yang memiliki berat 152kg ini juga telah menjadi target serangan politik sebelumnya dan telah rusak akibat bom pada tahun 1914. 

Batu berbentuk persegi yang terbuat dari batu pasir ini dicuri dari tempatnya yang tersembunyi sejak tahun 1940, yaitu terkubur di bawah kursi penobatan kerajaan. Batu ini diselamatkan dari Skotlandia pada tahun 1951 dan dibawa kembali ke London, namun pada tahun 1996 akhirnya disepakati bahwa batu tersebut sebaiknya dikembalikan ke Skotlandia untuk disimpan di istana Edinburgh bila sedang tidak digunakan untuk acara penobatan kerajaan.
  • Hari Lahir Annie Lennox - Skotlandia - United Kingdom, 25 Desember 1954
Penyanyi asal Skotlandia ini lahir pada tanggal 25 Desember 1954. Lennox dikenal luas sebagai vokalis grup Eurythmics dan masuk ke dalam deretan 100 Penyanyi Terbaik Sepanjang Masa versi majalah Rolling Stone Amerika dan juga terpilih sebagai penyanyi aliran Soul berkulit putih terbaik menurut stasiun televisi musik VH1. 

Setelah terkenal bersama partnernya di Eurythmics, Dave Stewart, Lennox memutuskan untuk solo pada tahun 1992 dengan sebuah album bertajuk Diva. Selain itu Lennox juga dikenal aktif dalam politik dan menghimpun bantuan untuk para penduduk di Afrika dan HIV.
  • Hari Penakluk Raja William - Westminister Abbey - Inggris, 25 Des 1066
Tahun 1066, setelah kemenangannya di perang Hastings, William si Penakluk akhirnya diangkat menjadi raja Inggris di Westminister Abbey pada tanggal 25 Desember, di mana Ia memulai dinasti baru dengan tradisi Normandia.
  • Hari Kelahiran Isaac Newton - London - Inggris, 25 Desember 1642
Banyak yang percaya bayi yang dilahirkan pada hari Natal akan memiliki nasib yang kurang beruntung, namun hal tersebut tampaknya tidak terjadi pada Isaac Newton. Fisikawan dari Inggris ini lahir pada tanggal 25 Desember 1642. 

Buku Newton yang terkenal "Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica" (1687) menjabarkan mengenai tiga hukum gerak dan observasinya mengenai daya gravitasi bumi. Penemuannya ini dianggap sebagai landasan fisika dan matematika sampai tiga abad setelah masa hidupnya. 

Di luar kepiawaiannya di dunia ilmu pengetahuan, seperti menemukan teleskop pertama di dunia, Newton juga terkenal sebagai orang yang religius dan lebih banyak banyak menulis mengenai ilmu teologi dari pada mengenai matematika dan ilmu pengetahuan lainnya. Newton meninggal di London tahun 1727 dan dimakamkan di Westminister Abbey.
  • Pearl Harbor - USA, 25 Desember 1941
Hari Natal tahun 1941 Chester W Nimitz bertugas sebagai komando untuk kapal-kapal perang Amerika di Pearl Harbor, di hari yang sama pasukan Jepang menduduki Hong Kong. Di Eropa, di hari yang sama pasukan perdamaian Perancis menyelamatkan kepulauan Saint Pierre dan Miquelon dari Nazi.
  • Penemuan Pulau Natal - Kepulauan Keeling - Persemakmuran Australia, 25 Desember 1643
Pada tanggal 25 Desember 1643, Kapten William Mynors dari Perusahaan Hindia Timur Britania melewati sebuah pulau saat sedang berlayar di atas kapal Royal Mary. Ia menamakan sebuah pulau dengan nama Pulau Natal. 

Pulau ini terletak di lautan Hindia mendekati kepulauan Indonesia. Baru 45 tahun kemudian setelah penamaannya, baru pulau itu didatangi oleh manusia, yaitu saat kapal Inggris, Cygnet terpaksa berlabuh saat menuju kepulauan Keeling pada tahun 1688. 

Pulau ini sekarang berada di bawah teritori Persemakmuran Australia dengan populasi 1400 penduduk. (Sumber: Gaya Hidup)


lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter