Ad Unit (Iklan) BIG

Faktor Sukses Spiritual

Posting Komentar
Faktor Sukses Spiritual
Untuk menjadi sosok pelayan yang handal dibutuhkan success factors yang dimiliki semua orang dan diketahui semua orang. Sebagaimana kita tahu, hal yang membedakan setiap orang adalah “kemampuan untuk menjalankan" sukses faktornya tersebut.

Dari sejarah para nabi, juga untaian perjalanan para pemimpin atau siapa saja yang tergolong berprestasi di bidangnya, kita akan temukan sejumlah faktor sukses yang mutlak mereka miliki.

Faktor-faktor itu antara lain: 
  • Sasaran yang jelas (simbol = mata): visi, tujuan, obyektif, cita-cita, obsesi, dll. yang jelas; bayangan batin tentang sosok yang kita inginkan dan itu harus sejelas mungkin, misalnya untuk menjadi guru yang baik siapa yang jadi panutan kita?
  • Komitmen yang kuat, kemauan yang keras, dorongan yang kuat, kesungguhan (simbol = tangan). Sebab, tanpa komitmen yang kuat, bakat dan kecerdasan kita akan hilang.
  • Kelayakan untuk dipercaya orang lain (simbol= hati) yang tampil dalam ketaatan moral dan skill yang kita miliki.
  • Kemampuan berkomunikasi dengan orang lain (simbol = lidah dan mulut). Di titik ini kita harus mampu membuka hubungan baru, mempertahankan hubungan yang sudah ada, dan mampu mengatasi konflik secara positif, misalnya sifat keibuan atau kebapaan perlu untuk seorang guru.
  • Kemampuan untuk terus belajar atau learning ability (simbol = kaki). Belajar berarti mengubah perilaku ke arah yang lebih baik dalam berbagai praktik sehari-hari, entah melalui buku, pengalaman, teori-teori, orang lain. 
    Stephen Covey menyebut hal ini dengan sharpening the saw (mengasah gergaji. Kita perlu belajar dari masalah yang kita alami sembari belajar juga dari cara kita mengatasi masalah. Hal ini penting dalam uapay merealisasikan mimpi-mimpi kita.


    Lusius Sinurat
    lusius-sinurat
    Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

    Related Posts

    Posting Komentar

    Subscribe Our Newsletter