Entri yang Diunggulkan

Simulacra dan Realitas Semu

Jean Baudrillard Bicara tentang komunikasi, tepatnya filsafat komunikasi tak bisa dilepaskan dari filsup bernama Jean Baudrillard.  Filsafat komunikasi yang dimaksud ialah suatu disiplin yang menelaah pemahaman secara fundamental, metodologis, sistematis, analitis kritis, dan holistis teori dari pro…

Kekuatan Seorang Sarjana

Kekuatan cendekia
Kekuatan seorang sarjana terletak pada dukungannya untuk merealisasikan kebijakan-kebijakan pemerintah, bahkan sekedar kalkulasi mati diatas kertas. 

Hanya dengan cara seperti ritualkita tidak selalu membenarkan setiap tindakan salah hanya karena diatas kertas mereka adalah pemimpin.

Ibarat kata, seorang pengkotbah sah-sah saja melakukan kesalahan, misalnya menghamili istri orang; dan selanjutnya si wanita yang dihamili yang dituduh sebagai penyebabnya. 

Begitu juga bila seorang sarjana menganggur serta merta akan membenarkan diri seraya menyalahkan universitas yang telah mempersiapkannya.

Ingat, dunia kiwari adalah dunia yang bergumul dengan filosofi yang mempertahankan modal, sehingga banyak orang terjerumus kedalam:
  1. pragmatisme berlebih 
  2. transaksi kepentingan 
  3. relasi yang diflot dalam format tertentu 
  4. sistem pendidikan yang belum kompetibel keluarga/komunitas/persahabatan yang rapuh 
Ingat, Anda Seorang Sarjana !

Ingat, kini Anda adalah seorang sarjana; dan yang dibutuhkan dari seorang sarjana adalah:
  1. Kepemimpinan assertif – yang pada akhirnya mampu mengusahakan agar diri, keluarga dan orang sekitarnya tidak kehilangan momentum untuk mencapai kemajuan dibidang masing-masing. Selanjutnya ia juga harus aktif dan tidak terlalu tipis telinganya untuk mendengarkan. 
  2. Sarjana itu bukan citra, dan memang tidak perlu dicitrakan. Yang perlu ditunjukkan justru Tindakan lewat kerja keras, cerdas, dan bergegas. 
Akhirnya, seorang sarjana harus berprinsip membawa kedamaian, bukan malah memproklamirkan pemisahan. Seorang sarjana harus menjadi pelempar api yang menyala.  Artinya, sebagai seorang intelektual, mereka dibutuhkan bukan sekedar menjaga ketertiban tatanan melainkan juga mengkritisi secara jujur apa yang harus diperbaiki dan dibenahi demi ketenangan dan kenyamanan orang-orang di dalamnya.

1 2 3

Lusius Sinurat
Semarang xiii.xi.mmxiii


lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter