Entri yang Diunggulkan

Simulacra dan Realitas Semu

Jean Baudrillard Bicara tentang komunikasi, tepatnya filsafat komunikasi tak bisa dilepaskan dari filsup bernama Jean Baudrillard.  Filsafat komunikasi yang dimaksud ialah suatu disiplin yang menelaah pemahaman secara fundamental, metodologis, sistematis, analitis kritis, dan holistis teori dari pro…

Natal Bukan Panggung Prestasi

Natal Bukan Panggung Prestasi
Tiap tahun selalu tercipta prestasi Natal yang kemudian ingin dicatat di MURI atau di buku rekor tingkat nasional bahkan dunia. Sayangnya rekor yang dicapai itu adalah rekor sekunder dan bisa dibilang tak ada kaitan dengan esensi Natal.

Misalnya saja pohon Natal tertinggi, perayaan dengan jumlah umat terbanyak, atau peningkatan angka penjualan 'asesoris Natal ' sepanjang Natal , coklat Natal terbesar, sinterklas terbanyak memberi hadiah, iklan ucapan terbanyak di koran atau majalah, dan seterusnya.

Natal pun kerap dirayakan sebagai panggung para pengeruk keuntungan dan popularitas para pengkotbah selalu berapi-api mengutip Kitab Suci untuk membenarkan 'konstituen'-nya (minimal supaya para pendengarnya senang).

Hingga banyak pengkotbah 'idola' seperti mereka yang laris dibeli oleh orang-orang kristen sendiri yang lebih doyan menikmati 'kotbah pasaran' tadi daripada bersabar menanti saat kelahiran Yesus pada malam Natal.

Mereka seakan takut kehilangan pengkotbah idola mereka kalau harus menunggu sampai tanggal 25 Desember! Untuk itu mereka 'terpaksa' merayakan Natal versi mereka bahkan sejak pertengahan november dan bisa jadi sudah lelah merayakan natal mereka hingga tak ada lagi daya mengikuti perayaan hari Raya Natal malam tanggal 24 Desember dan 25 Desember.

Akibatnya, tak jelas lagi bagi banyak pengikut Yesus apakah Natal itu perayaan sebagai tanda syukur atas lahirnya Yesus atau perayaan syukur atas keberhasilan pengikut Yesus mengumpulkan banyak dana untuk merayakan kelahiran Tuhan dengan skala besar, pengkotbah tersohor, tarian dan nyanyian meriah, dan ribuan orang penting yang datang menghadirinya. Lanjut Baca!


lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter