iCnHAQF62br424F1oK8RwyEkyucx21kDoKaV2DdH

Anggaplah Pekerjaanmu Sebagai Profesimu

Anggaplah Pekerjaanmu Sebagai Profesimu

Jutaan bahkan mungkin ratusan juta profesi kini sedang digeluti oleh manusia di planet Bumi ini. Ya, setiap orang pasti memiliki profesi masing-masing.

Tapi harap diingat bahwa profesi (profession) tentu tak sama persis dengan pekerjaan (work, job). Dalam Kamus Inggris-Inggris, "Oxford University Press, 2008" kita bisa menemukan definisi ini:

"Profession is a type of job that needs special training or skill." (Profesi adalah jenis pekerjaan yang membutuhkan pelatihan atau keterampilan khusus).

Sementara pekerjaan, masih dalam kamus yang sama dikatakan "Work is the job that somebody does, especially in order to earn money (pekerjaan yang dilakukan seseorang, terutama dalam rangka mendapatkan imbalan berupa uang).

Setuju atau tidak, petani, peternak, nelayan, pemulung, tukang becak, penjahit, dosen, profesor, konsultan, pastor/pendeta/ustadz dan lain, dst bisa dikategorikan sekaligus sebagai profesi dan pekerjaan. Tetapi juga serentak bisa dikatakan pekerjaan itu hanya sebagai pekerjaan per se.

Fakta mengatakan bahwa semua jenis pekerjaan pasti membutuhkan pelatihan atau keterampilan khusus agar orang yang terlibat di dalamnya dapat mengerjakan pekerjaannya sesuai dengan target yang dibebankan padanya.

Tetapi serentak juga bisa terjadi ketika banyak orang melakukan pekerjaan hanya dalam rangka mendapatkan uang.

Masih terkait dengan istilah profesi, seorang disebut sebagai pekerja yang profesional (adj.) hanyalah dia yang mampu bekerja secara maksimal sesuai dengan profesi yang disandangnya.

Misalnya, seorang petani menjadi petani yang berhasil, seorang nelayan menjadi penjala yang tidak merusak keseimbangan alam, seorang dosen menjadi dosen yang mengajarkan ilmu pengetahuan yang sinergi dengan hidup nyata dari murid yang diajarkannya., seorang teknisi komputer sungguh menikmati pekerjaannya, dst.

Sementara istilah pekerja dikatakan sebagai "pekerja yang baik" atau "pekerja yang berpresasi" hanya apabila ia melakukan pekerjaan yang dibebankan kepadanya dengan tuntas dan hasilnya maksimal pula.

Pertanyaanya adalah: Apakah Anda seorang profesional atau pekerja, atau seorang pekerja yang profesional?

Posting Komentar

Saat menuliskan komentar, tetaplah menggunakan bahasa yang baik, sopan dan sebisa mungkin sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Please jangan mencantumkan link / tautan ya. Terimakasih.