Entri yang Diunggulkan

Simulacra dan Realitas Semu

Jean Baudrillard Bicara tentang komunikasi, tepatnya filsafat komunikasi tak bisa dilepaskan dari filsup bernama Jean Baudrillard.  Filsafat komunikasi yang dimaksud ialah suatu disiplin yang menelaah pemahaman secara fundamental, metodologis, sistematis, analitis kritis, dan holistis teori dari pro…

Anggaplah Pekerjaanmu Sebagai Profesimu

Jutaan bahkan mungkin ratusan juta profesi kini sedang digeluti oleh manusia di planet Bumi ini. Ya, setiap orang pasti memiliki profesi masing-masing.

Tapi harap diingat bahwa profesi (profession) tentu tak sama persis dengan pekerjaan (work, job). Dalam Kamus Inggris-Inggris, "Oxford University Press, 2008" kita bisa menemukan definisi ini: "Profession is a type of job that needs special training or skill." (Profesi adalah jenis pekerjaan yang membutuhkan pelatihan atau keterampilan khusus.)

Sementara pekerjaan, masih dalam kamus yang sama dikatakan "Work is the job that somebody does, especially in order to earn money (pekerjaan yang dilakukan seseorang, terutama dalam rangka mendapatkan imbalan berupa uang).

Setuju atau tidak, petani, peternak, nelayan, pemulung, tukang becak, penjahit, dosen, profesor, konsultan, pastor/pendeta/ustadz dan lain, dst bisa dikategorikan sekaligus sebagai profesi dan pekerjaan. Tetapi juga serentak bisa dikatakan pekerjaan itu hanya sebagai pekerjaan per se.

Fakta mengatakan bahwa semua jenis pekerjaan pasti membutuhkan pelatihan atau keterampilan khusus agar orang yang terlibat di dalamnya dapat mengerjakan pekerjaannya sesuai dengan target yang dibebankan padanya. Tetapi serentak juga bisa terjadi ketika banyak orang melakukan pekerjaan hanya dalam rangka mendapatkan uang.

Masih terkait dengan istilah profesi, seorang disebut sebagai pekerja yang profesional (adj.) hanyalah dia yang mampu bekerja secara maksimal sesuai dengan profesi yang disandangnya.

Misalnya, seorang petani menjadi petani yang berhasil, seorang nelayan menjadi penjala yang tidak merusak keseimbangan alam, seorang dosen menjadi dosen yang mengajarkan ilmu pengetahuan yang sinergi dengan hidup nyata dari murid yang diajarkannya., seorang teknisi komputer sungguh menikmati pekerjaannya, dst/

Sementara istilah pekerja dikatakan sebagai "pekerja yang baik" atau "pekerja yang berpresasi" hanya apabila ia melakukan pekerjaan yang dibebankan kepadanya dengan tuntas dan hasilnya maksimal pula.


Pertanyaanya adalah: Apakah Anda seorang profesional atau pekerja, atau seorang pekerja yang profesional?
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter