iCnHAQF62br424F1oK8RwyEkyucx21kDoKaV2DdH

Community Building

Buku "Community Building" yang diramu dengan tampilan powerpoint ini bertutur tentang berbagai poin penting dalam membangun sebuah komunitas yang ideal. 

Poin-poin penting pengembangan komunitas itu diramu dengan tangkas dalam bab-bab berikut:
  1. Pengantar. Bagian ini membentangkan tentang paham individualisme yang semakin melenggang lewat oleh karena tersedianya media komunikasi yang makin hari makin canggih.

  2. Kebutuhan untuk Berkomunitas. Bagian kedua ini mengetengahkan berbagai fenomena penting tentang pentingnya hidup berkomunitas. Sebagai pendasarannya dijelaskan juga secara ringkas tentang pengertian komunitas itu sendiri.

  3. Akar Terbentuknya Komunitas. Pada bagian ini dijelaskan tentang akar terbentuknya sebuah komunitas, mulai dari tipe anggota ideal atau tipe anggota riil dari sebuah komunitas.

  4. Tantangan dan Harapan. Ada banyak tantangan dalam menumbuhkembangkan sebuah komunitas yang ideal. Tantangan itu antara lain dimensi personal yang sering dibenturkan dengan dimensi komunal dalam sebuah komunitas. Di titik inilah perlu tindakan kenosis dalam membangun sebuah komunitas. 

  5. Komunitas Reformatif. Bab lima ini bertutur gamblang tentang pentingnya rasa memiliki komunitas (sense of community) dari para anggota dari sebuah komunitas.

  6. Spiritualitas Komunitas. Spiritualitas sebuah komunitas terletak dari cara anggota-anggota komunitas itu sendiri dalam mengembangkan tim secara efektif dalam dinamika kehidupan komunitas mereka. Di titik inilah pentin manajemen konflik dan pendekatan terhadap komunitas dan segala seluk beluknya.

  7. Simpulan dan Ajakan. Bagian akhir dari buku ini dirangkai dalam sebuah ruang simpul terbuka dan berbagai ajakan penting bagi kita dalam membangun dan mengembankan komunitas kita masing-masing.

Selamat membaca!
Bila Anda tertarik dengan buku ini, 
silahkan unduh buku Community Building ini di sini 


GRATIS loh!!!

Posting Komentar

Saat menuliskan komentar, tetaplah menggunakan bahasa yang baik, sopan dan sebisa mungkin sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Please jangan mencantumkan link / tautan ya. Terimakasih.