Entri yang Diunggulkan

Simulacra dan Realitas Semu

Jean Baudrillard Bicara tentang komunikasi, tepatnya filsafat komunikasi tak bisa dilepaskan dari filsup bernama Jean Baudrillard.  Filsafat komunikasi yang dimaksud ialah suatu disiplin yang menelaah pemahaman secara fundamental, metodologis, sistematis, analitis kritis, dan holistis teori dari pro…

Mulak Tu Hitaan

Istilah "Pulang" atau dalam bahasa Batak Toba disebut "mulak" tak pernah bisa berdiri sendiri. Kata "pulang selalu mengisyaratkan kata lain, yakni "pergi".

Di akhir tahun, tepatnya menjelang tahun baru kata "mulak" selalu terdengar di kalangan orang Batak scara khusus atau di masyarakat Sumut pada umumnya.

Kalau di lebaran ada kata mudik yang sudah identik dengan Lebaran, maka di Sumut kata "mulak" pun selalu identik dengan (Natal dan) tahun baru.


"Andigan do hamu mulak?" (Kapan kamu pulang?) adalah pertanyaan yg selalu diucapkan orang di kampung halaman kepada anggota keluarganya di rantau.

Selidik punya selidik, ternyata ajakan untuk" mulak" tadi bukan sekedar temu kangen dengan anggota keluarga di tempa asal.

Kata "mulak" bukan kata yg menjembatani relasi semata, melainkan juga menjadi "alarm" yang mengingatkan kita untuk selalu mengingat hakikat asali kita.

Tentu saja tradisi "mulak tu huta di tikki Taon Baru" (pulang kampung saat tahun baru) bukanlah sekedar mengenang masa lalu, melainkan juga untuk merancang ulang strategi hidup kita.

Jadi, "beta hamu mulak tu hutanta bo" (yuk kita pulang ke tempat asali kita) untuk melewatkan masa-masa penting perjuangan hidup leluhur kita.

Selamat tahun baru 2015!
Tuhan memberkati Anda semuanya.
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter