Ad Unit (Iklan) BIG

Ecer

Posting Komentar
Ecer


Dalam KBBI, mengecer berarti "menjual secara sedikit-sedikit atau satu-satu atau menjual ketengan.

Kata "mengecer" berasal dari kata dasar "ecer" atau kata benda "eceren" yang berarti sedikit-sedikit atau satu-satu (terkait dengan penjualan atau pembelian barang).

Kata kerja "mengecer" sinonim dengan kata mencarah, mengasong, mengeteng, menjajakan, meruncit, Orang Simalungun menyebutnya "mangecer".

Orang yang menjual barang secara ketetngan ini disebut pengecer. Tak hanya pedagang rokok ketengan yang ada, tetapi juga pengecer berbagai jenis barang.

Seiring perkembangan teknologi, pedagang eceran bahkan sudah berjualan secara online.

Ternyata, tak hanya dalam konteks berdagang kata "mangecer" tetapi juga dalam hal pekerjaan. Pekerjaan juga bisa dicicil, bisa dicacah sedikit demi sedikit.

Tak ketinggalan pekerjaan di bidang politik. Konsolidasi dengan partai, atau sosialisasi dengan masyarakat bisa juga diecer: perlahan-lahan, terukur dan mengandung kepastian yang lebih meyakinkan.

lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter