Ad Unit (Iklan) BIG

LF.08. Argumentum ad Populum

Ad Hominem
* Diramu dari berbagai sumber Forum Sains dan Wikipedia
Pada tipe perdebatan Argumentum ad Populum sebuah argumen digunakan untuk mendapatkan popularitas dengan cara menggunakan isu-isu yang sentimental daripada menggunakan fakta atau alasan.

Contoh:
  • "Orang Kristen adalah anak Tuhan yang diserang bertubi-tubi oleh anak-anak gelap. Lihatlah betapa kita selalu dimusuhi dunia, lihat saja pada sejarah gereja purba, dimana umat kita disiksa dan dibunuh secara keji.
  • Kenyataannya mengatakan justru sebaliknya, pada abad 2 M baru ada 2% golongan Kristen, tetapi langsung memiliki kekuatan politis dalam Kekaisaran Romawi. Merekalah yang membunuhi orang-orang pagan." (Lih.Prof. Richard Rubinstein, “When Jesus Became a God”).

Penjelasan:

  • Sikap eksklusifitas dan fanatisme mereka itulah yang menyebabkan mereka tidak bisa diterima secara baik di lingkungan mereka.
  • Jadi akar permasalahan justru ada dalam diri mereka sendiri, tapi dikambing-hitamkan ke luar untuk mencari simpati dan dukungan.
Selanjutnya: Bandwagon Fallacy


lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Subscribe Our Newsletter