Ad Unit (Iklan) BIG

LF.02. Argumentum ex Silentio

* Diramu dari berbagai sumber Forum Sains dan Wikipedia
Tipe perdebatan dengan gaya Argumentum ex Silentio (Appeal to Ignorance) adalah tipe perdebatan di mana si pemberi argument (arguer) menganggap suatu ketidaktahuan sebagai fakta atas sesuatu.
Contoh:
  • "Kita tidak memiliki bukti bahwa Tuhan tidak ada, maka Dia ada. Apalagi selama ini tak satu orang pun yang pernah mengkritik kami tentang hal ini, maka segala sesuatunya pasti baik-baik saja"
Penjelasan:
  • Ketidaktahuan akan sesuatu hal tidak serta merta mengatakan bahwa sesuatu itu ada atau tidak ada. Tiadanya orang yang mengkritik selama ini bisa saja disebabkan oleh sebab-sebab lain (misalkan saja rasa sungkan, takut, mengisolasi diri, dan lain sebagainya) yang sama sekali tidak serta merta berarti bahwa segala sesuatu berjalan dengan baik-baik saja.
  • Pernyataan (statement) seperti itu jelas menyalahi kaidah-kaidah logika, sehingga tidak perlu dipertimbangkan sebagai sesuatu hal yangg bermanfaat, karena apabila diteruskan hanyalah mengarah pada debat kusir.
Selanjutnya: Argumentum Ad Fides (Appeal to Faith)


lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Subscribe Our Newsletter