Ad Unit (Iklan) BIG

LF.16. Post Hoc, Ergo Propter Hoc

* Diramu dari berbagai sumber Forum Sains dan Wikipedia
Model Post Hoc, Ergo Propter Hoc atau dalam bahasa Indonesia berarti "karena hal itu terjadi sebelumnya, maka hal itu disebabkan olehnya" mirip dengan model Non-Sequitur, tetapi berdasarkan waktu.

Contoh: 
  • "Lihat, ia menjadi sakit setelah pergi ke Klenteng, maka Klenteng adalah tempat iblis; Ia sembuh dari penyakitnya setelah roh jahat diusir oleh pendeta kami."
Penjelasan:
  • Padahal sakitnya / sembuh sakitnya tidak disebabkan oleh sesuatu yang ada hubungannya dengan kepergiannya ke Klenteng ataupun doa.
  • Bisa saja penyakitnya disebabkan oleh infeksi bakteri/virus di tempat lain atau terjadi jauh hari sebelumya di mana membutuhkan masa inkubasi tertentu untuk kemunculannya.
  • Hanya kebetulanlah penyakit itu muncul pada hari yang sama. Demikian juga kesembuhannya, bisa disebabkan oleh faktor-faktor alamiah ataupun gejala periodikal dari muncul-lenyapnya suatu penyakit kronis.
  • Disamping itu seringkali yang terjadi adalah orang bersangkutan juga pergi ke dokter dan meminum obat. Obat itulah yang menyebabkan kesembuhannya, meskipun seringkali fakta ini diabaikan sekedar untuk memuaskan sentimental keagamaannya.
Selanjutnya: Red Herring


lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Subscribe Our Newsletter