Entri yang Diunggulkan

Simulacra dan Realitas Semu

Jean Baudrillard Bicara tentang komunikasi, tepatnya filsafat komunikasi tak bisa dilepaskan dari filsup bernama Jean Baudrillard.  Filsafat komunikasi yang dimaksud ialah suatu disiplin yang menelaah pemahaman secara fundamental, metodologis, sistematis, analitis kritis, dan holistis teori dari pro…

Cinta Rupiah

Tak pernah habis pembicaraan mengenani RUPIAH, nilai tukar dan pelemahannya. Kenyataannya rupiah sangat bergantung pada USD. Sentimen positif atau negatif terhadap USD selalu memengaruhi nilai tukar rupiah.


Modal asing yang masuk ke Indonesia harus ditukar terlebih dahulu dengan USD sebelum diinvestasikan ke Indonesia. Itu berarti pembelian dolar Dolar akan semakin meningkat. Artinya lagi, nilai tukar Dolar (terhadap rupiah) akan semakin menguat.

Secara teori kita semua tahu bahwa salah satu upaya menstabilkan nilai tukar Rupiah adalah dengan mewajibkan menggunakan Rupiah dalam setiap transaksi di dalam negeri.

UU No. 7 Tahun 2011 bahkan sudah mengatur tata pelaksanannya, termasuk dengan sanksi Rp 200 juta akan dijatuhkan kepada orang yang tidak menggunakan Rupiah untuk transaksi dengan tujuan pembayaran penyelesain kewajiban dan transaksi keuangan lainnya.

Sanksi juga akan dijatuhkan kepada mereka yang menolak menggunakan Rupiah, kecuali orang tersebut meragukan apakah rupiah yang diterimanya asli atau palsu.

Tapi kenyataannya, BI justru mencatat ada sekitar 6 milyar dolar AS (sekitar Rp 80 T) transaksi valas tiap bulan yang seharusnya menggunakan Rupiah, tapi kok menggunakan USD dan mata uang asing?

Ini semua sungguh terjadi di Indonesia. Maka, satu-satunya jalan keluar adalah agar BI mewajibkan dengan tegas penggunaan rupiah di tiap transaksi di atas.

Asal tahu saja, Rupiah bukan sekear alat pembayaran, tetapi Rupiah serentak merupakan simbol kedaulatan negara.

‪#‎AkuCintaRupiah‬
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter