Entri yang Diunggulkan

Simulacra dan Realitas Semu

Jean Baudrillard Bicara tentang komunikasi, tepatnya filsafat komunikasi tak bisa dilepaskan dari filsup bernama Jean Baudrillard.  Filsafat komunikasi yang dimaksud ialah suatu disiplin yang menelaah pemahaman secara fundamental, metodologis, sistematis, analitis kritis, dan holistis teori dari pro…

Mahasiswa dan Buku

Mahasiswa-mahasisi di kampus universitas swasta in lalu lalang. Mereka kongkow-kongkow alias nangkring asyik di depan salah satu toko buku milik percetakan yang gedungnya bertetangga dengan kampus mereka.

Sepertinya mereka lelah setelah duduk mendengarkan dosen cuap-cuap di depan kelas. Atau, bisa jadi mereka sedang menunggu kehadiran sang dosen.

Yang jelas mereka sedang asyik bercengkerama. 4 gadis yang duduk persis dihadapanku sedang bicara tentang "pariban" dan tentu saja tentang lelaki yang belakangan sering memberi perhatian pada salah satu dari mereka.

Kisahnya terdengar seperti sinetron yang biasa ditonton kaum ibu saat prime time di televisi swasta. Gadis di sebelah kirinya tak mau ketinggalan. Ia bertutur teratur tentang cowoknya yang selain ganteng, baik juga pinter. Begitu pengakuan gadis Batak yang dari tadi menggunakan bahasa Batak saat bertutur.

Begitulah mahasiswi sekarang. Tak begitu tertarik dengan buku, kecuali modul yang oleh dosen diwajibkan untuk dibaca. Toko buku yang cukup lengkap isinya, bahkan kini menganga dihadapan mereka tampaknya tak mengusik perhatian mereka.

Begitu juga dengan empat pemuda yang duduk tak jauh dari mereka. Keempat pemuda bahkan asyik sendiri dengan gadgetnya. Mereka duduk bersama, tapi diam sembari fokus ke ponsel pintar yang dibelikan orangtua mereka.

Mari berpikir positif tentang kondisi pendidikan saat ini. Mari berpikir metafisik tentang cara mahasiswa "eksis" saat ini. Sepertinya mereka tahu betul bahwa pengetahuan ada di internet, hingga biaya ponsel, khususnya membeli pulsa jauh lebih besar.

Semoga itu yang mereka lakukan dengan ponsel cerdas mereka.


Lusius Sinurat
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter