Entri yang Diunggulkan

Simulacra dan Realitas Semu

Jean Baudrillard Bicara tentang komunikasi, tepatnya filsafat komunikasi tak bisa dilepaskan dari filsup bernama Jean Baudrillard.  Filsafat komunikasi yang dimaksud ialah suatu disiplin yang menelaah pemahaman secara fundamental, metodologis, sistematis, analitis kritis, dan holistis teori dari pro…

Diam Dalam Nyepi

"Martua ma jolma na manangihon hata ni Debata, jala na olo mangulahonsa!" (Berhabahagialah orang yang mendengarkan Sabda Tuhan, dan tekun melaksanakannya).

Kalimat ini selalu diproklamirkan setelah pembacaan perikop kitab suci di setiap Perayaan Ekaristi di Gereja Katolik.

Ternyata kata MANANGIHON (MENDENGARKAN) harus diikuti oleh MANGULAHON (MELAKUKAN) menjadi syarat utama dalam MEMAHAMI isi dan mengimplementasikan muatan Kitab Suci dalam kehidupan sehari-hari.

Begitulah sebaiknya dalam memahami teks secara utuh, kita harus membaca / mendengarkan dan setelah mengerti bisa menerapkannya dalam hidup.

Tapi terkadang aneh. Sepanjang Misa atau menghadiri perayaan liturgi lainnya di gereja, kita sering lebih suka MEMOTRET event rohani itu daripada menyempatkan diri mendengar bacaan dari Kitab Suci atau Kotbah dari para imam yang memimpin perayaan.

Hari Raya Nyepi yang hari ini dirayakan dengan "DIAM" oleh umat Hindu seakan mengingatkan kita semua bahwa ada saat di mana, "Manusia hanya DIAM dan MENDENGARKAN suara semesta dan Sang Pencipta, agar ia mampu MENERAPKAN perintah sang Penciptanya dengan tepat."

DIAM-MENDENGARKAN-MELAKUKAN pada akhirnya adalah gerbang kebahagiaan (MARTUA, BERBAHAGIA), tempat di mana setiap mahluk hidup bersinergi satu sama lain, seperti persahabatan antara Bulan dan Matahari yang kadang saling menjauh dan sesekali saling mendekat; namun keduanya tetapi membentangkah keindahan semesta.

Selamat merayakan Hari Raya Nyepi untuk semua fesbuk yang merayakannya. Damai di bumi dan damai di surga!
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter