Ad Unit (Iklan) BIG

Mengubah Paradigma Guru

Posting Komentar
Paradigma Guru
Guru harus mengubah paradigma mengajarnya
agar sesuai dengan kebutuhan jaman.
Salah satu faktor utama yang menentukan mutu pendidikan adalah guru.

Gurulah yang berada di garda terdepan dalam menciptakan kualitas sumber daya manusia.

Guru berhadapan langsung dengan para peserta didik di kelas melalui proses belajar mengajar.

Di tangan gurulah akan dihasilkan peserta didik yang berkualitas, baik secara akademis, skill (keahlian), kematangan emosional, dan moral serta spiritual.

Di titik inilah diperlukan sosok guru yang mempunyai kualifikasi, kompetensi, dan dedikasi yang tinggi dalam menjalankan tugas profesionalnya. Pertanyaannya: (1) Apakah mengajar sebagai proses menanamkan pengetahuan dalam abad teknologi sekarang ini masih berlaku?

(2) Bagaimana seandainya pengajar (guru) tidak berhasil menanamkan pengetahuan kepada orang yang diajarnya masih juga dianggap orang tersebut telah mengajar? Kalau begitu apa kriteria keberhasilan mengajar? dan  (3) Apakah mengajar hanya ditentukan oleh seberapa be-sar pengetahuan yang telah disampaikan?

Pentingnya guru dalam perkembangan pendidikan ditegaskan oleh Fuad Hasan, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam Kompas, 15 April 2004,

"Peningkatan mutu pendidikan di indonesia tidak cukup dengan pembenahan di bidang kurikulum saja, tetapi harus juga diikuti dengan peningkatan mutu guru di jenjang tingkat dasar dan menengah. Tanpa upaya meningkatkan mutu guru, semangat tersebut tidak akan mencapai harapan yang diinginkan." Lanjut Baca!


lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter