iCnHAQF62br424F1oK8RwyEkyucx21kDoKaV2DdH

Paradigma Baru Sang Pendidik

Paradigma Baru Pendidik
Paradigma baru adalah modalitas seorang pendidik.
Ketika saya meminta peserta dalam berbagai pelatihan untuk menggambar pemandangan, maka gambar berikutlah yang mereka hasilkan...

Ini mengandaikan bahwa di pola pikir seseorang bisa menjadi statis, bahkan kehilangan kreativitasnya disaat ia tak mengembangkan dirinya.

Demikian juga dengan guru yang menerapkan cara mengajar yang “itu-itu aja” adalah guru yang kehilangan kreatifitasnya dalam berpikir.

Padahal menurut UU Sisdiknas, guru dituntut harus mampu memberikan keteladanan, membangun kemauan, mengembangkan potensi peserta didik, menumbuhkan kreativitas peserta didik
Implikasi dari prinsip ini adalah pergeseran paradigma proses pendidikan, yaitu: dari PENGAJARAN menuju PEMBELAJARAN.

Tujuan pembelajaran sendiri hanya bisa dicapai apabila tercipta suatu kondisi yang memfasilitasi agar siswa untuk aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Dengan situasi ini siswa akan terbantu mempelajari dan menguasai kemampuan dan atau nilai-nilai baru.

Di titik inilah penting agar para guru menciptakan lingkungan pembelajaran. Sebab ia adalah pengembang kurikulum di tingkat satuan pendidikan yang bertugasnya men-treatment siswa hingga proses pembelajaran di kelas tak lagi terpusat ke guru, melainkan kepada aktivitas siswa belajar. Lanjut Baca!



Posting Komentar

Saat menuliskan komentar, tetaplah menggunakan bahasa yang baik, sopan dan sebisa mungkin sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Please jangan mencantumkan link / tautan ya. Terimakasih.