Ad Unit (Iklan) BIG

Pedagogi: Arti dan Tujuannya

Posting Komentar
Pedagogi: Arti dan Tujuannya
Paedagogi berasal dari bahasa Yunani (παιδαγωγέω paidagōgeō; dari παίς país yang berarti anak dan άγω ági .

Maka, paedagogia berarti pergaulan dengan anak-anak. Secara etomologis, kata paedagagos (Yunani) berasal dari kata “paid” (anak) dan “agogos” (memimpin atau membimbing).

Jadi, paedagogi berarti suatu ilmu dan seni dalam mengajar anak-anak atau ilmu dan seni mengajar. Paedagogi juga merupakan kajian mengenai pengajaran, khususnya pengajaran dalam pendidikan formal.

Pedagogik, pedagogi, dan proses paedagogis

PEDAGOGIK itu ilmu mendidik yang lebih menitikberatkan pada pemikiran, perenungan tentang pendidikan kita membimbing anak, dan mendididk anak. Sementara PEDAGOGI itu sendiri berarti pendidikan yang lebih menekankan pada praktik, menyangkut kegiatan mendidik, kegiatan membimbimg anak.

Akhirnya, PROSES PAEDAGOGIS adalah sebuah proses pendidikan yang menyoroti hubungan antara pendidikan, pengajaran, dan pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan kepribadian siswa agar mempersiapkan dirinya untuk menjalani kehidupan (Lih. Langeveld, 1980).

Sangat jelas bahwa nilai Pedagogis yang termaktub di atas dalam pendidikan. Kalau begitu, apa yang dimaksud dengan pendidikan?

PENDIDIKAN yang dimaksud adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya sehingga ia memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan,
üakhlak mulia, dan keterampilan yang ia dibutuhkan untuk dirinya sendiri dan untuk masyarakat.

Tak megherankan bila Paulo Freire, seorang awam Katolik Brasil, penggagas Pedagogi Pendidikan mengatakan bahwa "Pendidikan bukan hanya MENTRANSFER ilmu pengetahuan dari satu orang ke satu beberapa orang lainnya, tetapi juga MENTRASFORMASIKAN nilai-nilai kedalam jiwa, kepribadiaan dan struktur kesadaran manusia."

Tujuan pedagogik adalah:
  1. Memanusiakan manusia, menjadikan seseorang dewasa demi kebahagiaan dalam menjalani kehidupan. 
  2. Agar anak di kemudian hari mampu memahami dan menjalani kehidupan dan kelak dapat menghidupi diri mereka sendiri, dapat hidup secara bermakna, dan dapat turut memuliakan kehidupan. 
  3. Membantu murid mempertanyakan dan menantang dominasi serta keyakinan dan praktek-praktek yang mendominasi. 
  4. Mengembangkan kepribadian siswa yang sehat.
Pendeknya, pedagogik merupakan ilmu yang membahas pendidikan, yaitu ilmu pendidikan anak. Pendidikan berfungsi untuk meningkatkan mutu kehidupan manusia, baik sebagai individu, maupun sebagai kelompok dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan pendidikan atau dengan proses perkembangan masyarakat, kita akan menemukan suatu perubahan dalam cara dan kualitas kehidupan.
Tidak ada masyarakat yang bersifat statis, atau yang tidak mengalami perubahan. Ilmu pendidikan sebagai teori perlu dipelajari karena akan memberi beberapa manfaat:
  1. Dapat dijadikan sebagai pedoman untuk mengetahui arah serta tujuan mana yang akan di capai. 
  2. Untuk menghindari atau sekurangkurangnya mengurangi kesalahankesalahan dalam praktik, karena dengan memahami teori pendidikan, seseorang akan mengetahui mana yang boleh dan yang tidak boleh di lakukan, walau teori tersebut bukan suatu resep yang jitu. 
  3. Dapat di jadikan sebagai tolak ukur, sampai di mana seseorang telah berhasil melaksanakan tugas dalam pendidikan. Lanjut Baca!

lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter