Ad Unit (Iklan) BIG

Kampret

Posting Komentar
Kampret Entah siapa yang pertamakali menyematkan kata "kampret" untuk kelompok orang yang tidak menyukai Jokowi, atau lawan-lawan politik Jokowi. Nyatanya, hingga kini kata kampret ini seakan sudah identik dengan mereka.
Biasanya, selain kata kampret, juga digunakan kata kata lain, seperti panasbung (pasukan nasi bungkus), kelompok sendal jepit (yang merujuk kepada salah satu anggota dewan yang selalu meamndang jokowi selalu salah).

Dalam KBBI kata kampret (n) menunjuk pada kelelawar kecil pemakan serangga. Kelelawar yang hidungnya berlipat-lipat. Bahasa Latin untuk kampret adalah microchiroptera.

Nah loe, hubungan antara pasukan/geng/kelompok kampret dan kelelawar apa ya? Bisa jadi karena kampret hidupnya malam menunjuk pada kebiasaan seseorang/sekelompok orang yang mampu melihat di kegelapan hingga melihat setiap keadaan/seseorang secara tidak jelas.


Atau, mereka itu disebut kampret justru karena logika berpikir mereka terbalik-balik. Sama seperti kampret yang tidur terbalik dengan kaki menggantung di atas dan kepala di bawah. Biasanya juga kampret itu tidur secara bergerombol.

Demikian juga kampret melihat segala hal dengan perspektif yang terbalik, antara fitnah dan fakta pun mereka bolak balik dan omongan mereka juga pasti serba terbalik: yang benar jadi salah, bagus jadi buruk, bajingan jadi panutan, kalah merasa menang, merakyat dianggap pencitraan, dst. Pendeknya semua serba terbalik. Itulah alasan mengapa mereka disebut kampret.

Mungkin juga karena pemilihan nama singkatan kelompok yang salah, misalnya sebuah organisasi bernama "Jaringan Lelaki Kuat" memilih singkatan nama JLK maka oposisi akan mudah membuat celaan "JeLeK" untuk organisasi tsb sesuai akronim namanya. Demikian juga Kampret bisa jadi singkatan dari kelompok orang yang KAMpungan dan suka memPRETeli apa saja.

Atau, jangan-jangan pemberian nama kampret ini justru merujuk pada kebiasaan anggotanya yang selalu mengungkit sisi gelap kedaaan/situasi tertentu dan selanjutnya mewartakannya di media sosial.

Entah pemahaman mana yang lebih tepat. Nyatanya istilah kampret sering disematkan kepada mereka yang anti Jokowi dan anti Ahok yang selalu melihat keduanya secara negatif.

Selain itu gang kampret juga merujuk pada kebiasaan membombardir kelemahan lawan (politiki) sembari menutupi kelemahan tokoh (politik) yang didukungnya. Pendek kata, gang kampret adalah kumpulan orang-orang yang didominasi pikiran negatif mereka dalam melihat perubahan positif yang dilakukan tokoh tertentu.

Akhirnya, apapun arti sebenarnya dari kata ini, yang pasti kita sering membacanya di kolom komentar-komentar di grup/fanpage bernuansa Jokowi atau Ahok.


Lusius Sinurat
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter