Ad Unit (Iklan) BIG

Stephen Hawking dan Pencegahan Bahaya Kecerdasan Buatan

Posting Komentar


Dalam video ini Stephen Hawking, fisikawan tersohor dunia mendukung berdirinya Leverhulme Centre for the Future of Intelligence (CFI) yang didedikasikan untuk mempersiapkan masyarakat akan manfaat dan bahaya kecerdasan mesin.

Dalam beberapa tahun terakhir, Hawking memang telah mengeluarkan beberapa peringatan yang agak apokaliptis tentang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence / A.I.)

"Seluruh perkembangan kecerdasan buatan manusia bisa menjadi akhir dari umat manusia," katanya kepada BBC pada tahun 2014.

Ilmuwan paling terkenal di dunia ini memuji pembukaan pusat penelitian Kecerdasan Buatan awal pekan ini. "Bumi bergetar sedikit saja, maka satu juta kepala berbalik sekaligus", tegasnya.

Pada hari Rabu (19/10/16), Hawking berbicara pada Pembukaan Leverhulme Centre for the Future of Intelligence (CFI) di Cambridge University. 

Dengan nada agak marah, Hawking mengungkapkan dugaan yang lebih mengerikan dari sebelumnya atas kecerdasan buatan. Tentu saja Hawking tidak berbasa-basi. 

"Munculnya kecerdasan buatan bisa jadi merupakan hal terbaik atau hal terburuk yang pernah terjadi pada umat manusia. Kami belum tahu yang mana."

Untuk itu Hawking mengajak umat manusia agar lebih memilih bekerja mendedikasikan diri bagi lembaga yang menilai dampak dari kecerdasan artifisial pada peradaban sebagaimana dilakukan CFI daripada mengembangkan teknologi kecerdasan buatan baru.

Hawking berharap agar CFI secara lebih proaktif mengantisipasi manfaat dan bahaya kecerdasan mesin dan mengadvokasi kebijakan publik yang lebih tepat.

CFI sendiri telah menyatukan hasil penelitian dari empat universitas terkemuka di dunia, yakni Cambridge, Oxford, UC-Berkeley dan Imperial College London. Selanjutnya CFI juga berencana untuk mendirikan sebuah komunitas para peneliti dari interdisiplin ilmu.

CFI akan bekerjasama dengan pemerintah dan industri untuk mengembangkan rencana mereka tentang isu-isu spesifik - misalnya, regulasi otonomi senjata.

Dalam fase tiga tahun pertama CFI awalnya fokus mengerjakan tujuh proyek yang berbeda. Di antara topik penelitian awal itu adalah:
1. "Pengetahuan, Nilai dan Masa Depan Kecerdasan"
2. "Kebijakan dan inovasi yang bertanggung jawab"
3, "Otonomi Senjata - prospek untuk regulasi"
4. 'Kebenaran dan Transparansi'

"Penelitian yang dilakukan oleh pusat ini akan sangat penting bagi masa depan peradaban kita dan spesies kita," kata Hawking.

Berita selengkapnya baca di seeker.com
diterjemahkan oleh Lusius Sinurat
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter