Entri yang Diunggulkan

Simulacra dan Realitas Semu

Jean Baudrillard Bicara tentang komunikasi, tepatnya filsafat komunikasi tak bisa dilepaskan dari filsup bernama Jean Baudrillard.  Filsafat komunikasi yang dimaksud ialah suatu disiplin yang menelaah pemahaman secara fundamental, metodologis, sistematis, analitis kritis, dan holistis teori dari pro…

4 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Menyusun Skripsi

4 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Menyusun Skripsi
Memasuki semester tingkat akhir mendorongmu untuk segera mecari judul dan merancang skripsi secepat mungkin agar bisa mendapatkan gelar yang sudah kamu dan orang tuamu impikan. Untuk proses pembuatan skripsipun tidaklah mudah. Terkadang kamu harus mengalami sulitnya mencari judul dan buku referensi, mencocokkan waktu untuk berkonsultasi dengan dosen pembimbingmu, revisi yang tak kunjung selesai, data penunjang skripsi yang hilang, dan lain-lain. Agar kamu bisa lulus tepat pada waktunya, catatlah empat hal yang perlu kamu perhatikan saat menyusun skripsi.


1. Bab I adalah bagian terpenting dalam skripsi

Setelah menemukan judul yang telah kamu sepakati dengan dosen pembimbingmu, sebaiknya kamu harus segera menyusun Bab I skripsimu sebaik mungkin. Bab I merupakan bagian terpenting dalam sebuah skripsi karena Bab I adalah pondasi awal untuk membuat sebuah skripsi. Jika latar belakang, tujuan, logika, serta kontribusi riset bisa dijelaskan secara runtut maka kamu akan bisa melanjutkan bab-bab berikutnya dengan mudah. Oleh karena itu, buatlah Bab I dengan sisi yang runtut dan jelas.


2. Carilah buku referensi sebanyak mungkin


Untuk menunjang skripsimu, carilah buku referensi yang memiliki keterkaitan dengan pembahasanmu sebanyak mungkin. Carilah teori-teori yang tepat dan sesuai. Jangan lupa untuk selalu mencantumkan pengarang, judul buku, tahun terbit, dan halaman buku referensi yang kamu kutip. Jangan menyalin sebagian besar isi buku agar skripsimu terlihat lebih banyak karena hal itu akan dipermasalahkan ketika kamu sidang nanti.


3. Jangan malas untuk konsultasi


Tidak ada perkuliahan di tingkat akhir, bukan berarti itu waktunya bagimu untuk bersantai-santai ataupun pergi traveling. Memang terkadang kamu membutuhkan hiburan agar terhindar dari stress namun pikirkanlah orang tuamu dan masa depanmu. Oleh karena itu, jangan pernah menunda waktu konsultasi dengan dosen pembimbingmu agar skripsimu bisa selesai tepat pada waktunya. Kamu bisa berkonsultasi secara langsung ataupun by mail sesuai dengan keinginan dari dosen pembimbingmu.


4. Simpan dan duplikatkanlah data skripsimu dengan rapi


Terkadang terlalu banyak revisi membuatmu pusing untuk memperhatikan detail-detail pembuatan skripsi seperti penyimpanan bahan skripsimu. Tidak menutup kemungkinan jika sewaktu-waktu laptop atau flashdiskmu bisa saja rusak ataupun terkena virus. Oleh karena itu, untuk menghindari kejadian tersebut, duplikasilah file skripsimu ke google drive dan hardisk milikmu. Masih belum memiliki hardisk? Tenang saja, kamu bisa mengecek merek hardisk eksternal terbaru di online shop termurah dan banyak diskon MatahariMall.



Lusius Sinurat
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter