Entri yang Diunggulkan

Simulacra dan Realitas Semu

Jean Baudrillard Bicara tentang komunikasi, tepatnya filsafat komunikasi tak bisa dilepaskan dari filsup bernama Jean Baudrillard.  Filsafat komunikasi yang dimaksud ialah suatu disiplin yang menelaah pemahaman secara fundamental, metodologis, sistematis, analitis kritis, dan holistis teori dari pro…

Mengenal Pahlawan lewat Rupiah Terbaru

Mengenal Pahlawan lewat Rupiah Terbaru Bank Indonesia (BI) akan meluncurkan uang rupiah baru pada 20 Desember 2016. Ada tujuh pecahan uang Rupiah kertas dan empat pecahan uang Rupiah logam dengan gambar Pahlawan.

Penerbitan uang rupiah baru tersebut sebagai implementasi dari Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang dengan ciri sebagaimana diatur dalam UU Pasal 7, UU Mata Uang adalah memuat gambar pahlawan nasional yang ditetapkan dengan Keputusan Presiden.

Terdapat 11 pahlawan dalam uang rupiah baru tersebut.

1. Soekarno dan Mohammad Hatta > Rp 100.000 (kertas)

Kedua proklamator ini akan terpampang di dalam uang rupiah baru pecahan Rp 100 ribu kertas. Dalam pecahan RP 100 ribu yang beredar saat ini juga telah terpampang gambar kedua pahlawan ini.

2. Djuanda Kartawidjaja > Rp 50.000 (kertas)

Gambar Pahlawan Nasional Ir. H. Djuanda Kartawidjaja pahlawan pengukuh kedaulatan Indonesia sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 50 ribu kertas.

3. Gerungan Saul Samuel Jozias Ratulangi > Rp 20.000 (kertas)

Pahlawan nasional yang lebih dikenal dengan nama Sam Ratulangi sebagai Gubernur pertama Sulawesi ini akan terpampang dalam uang rupiah baru pecahan Rp 20 ribu kertas.

4. Frans Kaisiepo > Rp 10.000 (kertas)

Gambar Pahlawan kemerdekaan Nasional Frans Kaisiepo sebagai gambar pada bagian depan Rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp10.000,00 (sepuluh ribu rupiah).

5. Idham Chalid > Rp 5.000 (kertas)

Idham Chalid merupakan pahlawan dari Kalumantan Selatan. Ia merupakan politikus yang cukup berpengaruh. Idham Chalid menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Indonesia pada kabinet Djuanda. Wajah Idham Chalid akan menghiasi uang rupiah baru pecahan Rp 5 ribu kertas.

6. Mohammad Hoesni Thamrin > Rp 2.000 (kertas)

Selain namanya terpampang sebagai jalan utama di Jakarta, wajah Mohammad Hoesni Thamrin juga akan terpampang di uang rupiah baru pecahan Rp 2.000 kertas. Ia adalah perintis Revolusi Kemerdekaan Indonesia.

Mengenal Pahlawan lewat Rupiah Terbaru

7. Tjut Meutia > Rp 1.000 (kertas)

Tjut Meutia adalah pahlawan nasional dari Pirak, Aceh Utara. Ia menjadi pahlawan nasional Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 107/1964 pada tahun 1964. Gambar Tjut Meutia akan hadir di di uang rupiah baru pecahan Rp 1.000 kertas.

8. I Gusti Ketut Pudja > Rp 1.000 (logam)

Ia ikut serta dalam perumusan negara Indonesia melalui Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia mewakili Sunda Kecil atau saat ini Bali dan Nusa Tenggara. Gambar I Gusti Ketut Pudja akan menghiasi uang rupiah baru pecahan Rp 1.000 logam.

9. TB Simatupang > Rp 500 (logam)

Gambar Pahlawan Nasional Letnan Jenderal TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang sebagai gambar pada bagian depan Rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp 500,00

10. Tjipto Mangunkusumo > Rp 200 (logam)

Tjipto Mangunkusumo adalah seorang tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia. Bersama dengan Douwes Dekker dan Ki Hajar Dewantara, ia dikenal sebagai Tiga Serangkai. Gambar Tjipto Mangunkusumo akan terpampang di uang rupiah baru pecahan Rp 200 logam.

11. Herman Johannes > Rp 100 (logam)

Herman Johanes, pejuang paripurna Indonesia di pecahan uang logam seratus rupiah. Herman Johannes adalah cendekiawan, politikus, ilmuwan Indonesia, guru besar Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Pahlawan Nasional Indonesia.



Lusius Sinurat
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter