-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Sumut Enggak Paten

Sumut Enggak Paten Lima tahun lalu, saat menjadi trainer di Indonesia Business Link (IBL) yang bekerjasama dengan PLAN International dalam program Youth Economic Empowerment (YEE) di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Sebagian besar anak-anak lulusan SD, SMP dan SMA ini telah berhasil mempraktikkan ilmu yang kami latih. Ada yang beternak domba dan kambing, buka bengkel dan warung kuliner, kerja di hotel dan pabrik, dan banyak profesi lainnya.

Perogram yang sangat bagus. Tapi sayangnya di Sumatera Utara enggak "laku" program kayak gini. Maklumlah anak-anak di Sumut nyaris tak ada lagi yang putus sekolah, atau hanya sekedar lulusan SD atau SMP.

Kalaupun Ada tampaknya mereka lebih tertarik membuka lahan sawit di Riau atau bekerja sebagai rentenir di koperasi simpan-pinjam, atau malah jadi supir atau meramaikan Lapo Tuak yang semakin menjamur.

Di Sumut, NGO/LSM tak laku, karena nama LSM sudah terlanjur sangat murahan. Kata teman saya, orang Sumut bahkan sudah kesulitan membedakan mana LSM, mana Ormas, mana wartawan pemeras, dan mana preman seharga noban atau goceng.

Ah, Sumut emang luarbiasa, dan -seperti omongan gubernurnya, Sumut itu Paten!



Lusius Sinurat
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Subscribe Our Newsletter