iCnHAQF62br424F1oK8RwyEkyucx21kDoKaV2DdH

Tulisan itu Bentangan Kejujuran

Tulisan itu Bentangan Kejujuran
"Jangankan menulis, bapak tanya tentang S-P-O-K saja mereka itu tak tahu," kata Doni kepada John yang kebetulan menjadi narasumber pada pelatihan jurnalistik dengan spesifikasi penulisan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dalam sebuah workshop para guru-guru PNS di Kota Pematangsiantar.

"Masa sih? Masa iya bener kalau guru-guru SD, SMP, SMA enggak bisa membuat karya ilmiah? Mana PNS lagi! Enggaklah. Aku enggak percaya mereka enggak bisa," jawab John spontan.

"Bah. Macam mana pula bapak ini. Kalau bapak tak percaya, nantilah bapak lihat saat bapak mengajar mereka di kelas. Maramangoi-amang-lah (puyeng 7 keliling) nanti bapak mereka buat," kata Doni meyakinkan John.

"Oh ya? Oke deh, pak Doni. Saya sudah tak sabar mengajar mereka. Tapi, maaf nih. Kalau menurutku sih mereka hanya kurang latihan saja. Belum lagi mereka sangat jarang mengikuti kursus jurnalistik. Jadi belum tentu mereka tidak bisa samasekali," jawab John dengan positive thinking-nya.

"Hahaha.... Saya tahu lapangan. Saya tahu betul kalau mereka yang hadir sekarang ini bahkan sudah ada yang ikut tiga sampai lima kali pelatihan jurnalistik, termasuk untuk penulisan PTK seperti yang bapak akan ajarkan nanti. 

Bapa tahu apa hasilnya? Mereka tetap tak bisa menulis PTK-nya sendiri. Mereka bahkan kembali pada kebiasaan lama mereka," tambah Doni seraya terbahak.

"Ntar...ntar dulu. Saya malah semakin bingung nih. Apa yang bapak maksud dengan "kebiasaan lama mereka"? Please bapak jelaskan ke saya," John merasa makin bingung hingga bertanya balik.

"Makanya bapak jangan membawa-bawa kebiasaan dari Jawa sana. Bapak kan lulusan Jawa. Di Jawa sana, para doen masih punya mental mengajar dan mendidik. Sebaliknya, kalau di sini, dosen masih pake sistem feodalisme. Tak hanya itu, sistem rekrutmen dosen di Jawa dan Sumut saja sudah sangat berbeda. Ya, bapa taulah yang saya maksud.

Di Sumut ini, sistem transaksional masih sangat mendominasi. Itu terjadi di semua lini, entah pada lembaga negara, swasta, bahkan di lembaga agama.

Tapi, sudahlah. Mari kita kembali ke kemampuan menulis para guru tadi. Saya sengaja mengatakan hal ini sebelum bapak masuk kelas, supaya bapak jangan terkejut dengan kualitas para guru PNS ini," jelas Doni panjang lebar.

"Oke pak. Terimakasih infonya. Saya akan lihat secara langsung begitu saya mengajar di kelas mereka nanti," kata John menutup pembicaraan.

Singkat kata, John pun memasuki ruangan. Ia mulai dengan menjelaskan dasar-dasar jurnalistik berikut contoh-contoh konkritnya. Tentu saja ia menggunakan bahasa yang sangat sederhana agar mudah dimengerti para guru itu. 

John juga dengan sengaja menggunakan metode pengajaran yang sistematik dan bahasa sederhana tadi, karena memang begitu ia diminta oleh pimpinan mereka.

Tiga jam berlalu, dan selama 3 jam itu ia selalu berupaya mengupayakan berbagai cara taktis dan efektif agar guru-guru tadi tertarik menulis, mulai dengan berbagai visualisasi, tanya-jawab hingga diskusi. 

Ini penting, agar tujuan yang diminta pimpinan mereka adalah agar para guru itu bisa membuat PTK (Penelitian Tindakan Kelas) demi kenaikan golongan mereka sebagai PNS.

Hanya saja, selama mengajar, di kepalangan tetap terngiang ucapan 'pesimis' Doni tadi. Ia ingat kata Doni sebelumnya bahwa guru-guru di Sumut ini tak terbiasa menulis. 

Benar saja. ketika saya menampilkan di slide beberapa contoh blog rekan-rekan mereka guru dari Jawa dan daerah lain, mereka justru merasa asing dengan istilah blog.

Begitu juga ketika John menjelaskan trik dan teknik penulisan cepat sebuah karya ilmiah, mereka selalu menyeringai dan sesekali protes,

"Pelan-pelanlah pak. Kami sudah lupa semua pelajaran Bahasa Indonesia saat SMA. Belum lagi waktu kuliah, skripsi kami saja kami 'tempa' sama ahli pembuat skripsi dan tesis," celetuk salah seorang peserta dengan ekspresi polosnya.

Mendengar pernyataan spontan itu, tiba-tiba saja John berhenti. Terbersit kesedihan di wajahnya. Bahkan ekspresinya terlihat ingin marah. Tetapi serentak ia sadar dengan peserta yang dihadapi, dan tentu ingat ucapan Pak Tamba tadi.

Namun kali ini ia tak mau kalah dengan keputusasaan guru-guru itu. Dia sadar tak ada gunanya marah, apalagi menyalahkan mereka atau orang-orang yang pernah mendidik mereka.

Benar saja. Dengan sangat sabar John berupaya mengajari para guru itu. Satu per satu ia ajari sambil menanggapi pertanyaan mereka. Tetapi toh ketidakpahaman tetap tampil jelas di wajah mereka.

Hingga di akhir sesi John menampilkan di slide sebuah surat berisi sebuah pesan dari Mr. J. Mereka pun diminta membacanya secara perlahan dan sembari merenungkannya:

"Sebagai seorang guru, aku tak mungkin terlepas dengan 'penulisan ilmiah', sebab hampir setiap hari aku selalu bergaul dengan buku cetak - yang tak lain adalah karya ilmiah yang ditulis/disusun orang lain (ahlinya).

Disamping itu, sebagai seorang guru, aku juga harus menjadi contoh bagi anak-anak didikku, terutama dalam hal kejujuran.

Maka, setelah pelatihan ini, aku akan membangung kesadaran baru, yakni "Ketika aku sangat marah melihat anak-anak didikku menyontek, maka itu berarti aku sedang memarahi diriku sendiri.

Tentu, karena aku sendiri pun lulus dengan skripsi yang tak pernah kukerjakan atau Tesis yang kujiplak dari tulisan orang lain; bahkan saat pertama kali naik jabatan, PTK yang aku kirimkan ke tim seleksi di BKD pun adalah PTK yang aku beli dari orang yang memang 'spesialis membuat karya ilmiah'.

Tapi kini, sebagai seorang guru, pada akhirnya aku sadar bahwa ketika aku menulis sesuatu, terutama menulis sebuah karya ilmiah, maka itu berarti aku sedang menuangkan isi pikiranku secara jujur. Bukan sebaliknya malah membagikan karya orang lain dan mengklaimnya sebagai karyaku, termasuk ketika karya ilmiah itu telah kubeli."

Setelah membaca surat di atas, ruangan pun mendadak hening, dan tiba-tiba saja John meninggalkan ruangan tanpa pamit.

#AdaAdaSaja #NanggoApalaiTahe


Posting Komentar

Saat menuliskan komentar, tetaplah menggunakan bahasa yang baik, sopan dan sebisa mungkin sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Please jangan mencantumkan link / tautan ya. Terimakasih.