iCnHAQF62br424F1oK8RwyEkyucx21kDoKaV2DdH

Kartini Di Masa Kini

Kartini Di Masa Kini
Emansipasi Kartini bukan pertama-tama soal peluang perempuan di bidang pendidikan dan peran mereka ditengah masyarakat. Kalau hanya itu, mungkin saja perjuangan Kartini sudah tuntas.

Peringatan Kartini oleh karenanya hrus dibaca oleh kaum perempuan sebagai wahana permenungan diri setelah mereka mendapatkan apa yang didapatkankaum lelaki.

Kesadaran baru yang dimaksud adalah bahwa perempuan tak harus meninggalkan rumah dan keluarganya sesering mungkin demi karirnya.

Kartini mengajak kaumnya bukan berganti peran "kuasi laki-laki" di rumah, lingkungan atau di tempat kerjanya. Ini sebuah keniscayaan, karena perempuan memang tak pernah bisa tuntas dengan emosinya, termasuk ketika ia mencoba menonjolkan rasionalitasnya.

Sebab Kartini tak berjuang agar perempuan sama dengan pria. Kartini hanya memperjuangkan agar perempuan perlakuan yang sama dari negara kepada kaumnya.

#SelamatHariKartini


Lusius Sinurat

Posting Komentar

Saat menuliskan komentar, tetaplah menggunakan bahasa yang baik, sopan dan sebisa mungkin sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Please jangan mencantumkan link / tautan ya. Terimakasih.