Ad Unit (Iklan) BIG

Garansi Belum Tentu Gratis

Garansi Belum Tentu Gratis


Saat Anda nembeli barang atau produk jasa tertentu, si penjual suka memberikan garansi. Misalnya saat beli laptop, smartphone, iphone, terlevisi atau barang-barang mahal lainnya. Juga saat Anda membeli jasa asuransi, jasa hosting dan domain internet, dst.

Biasanya sih, produk atau jasa yang diberikan garansi itu barang mahal, atau jasa yang "dikontrak" dalam waktu yang lama.

Sepintas, saya sering dengar kalau garansi produk (barang) itu biasanya ada hanya garansi toko (jangka waktu agak lebih pendek) dan ada garansi produk (biasanya lebih lama dan untuk produk-produk resmi).

Garansi atau dalam bahasa Indonesia bisa diterjemahkan sebagai "Jaminan" adalah gerbang kemudahan untuk menjula produk barang atau jasa bagi si penjual. Garansi ini seakan menegaskan bahwa barang tersebut "orisinal atau palsu", atau dalam bahasa pasaran di Millenium Mall, "HP kamu itu produk asli atau produk Cina? Kalau barang Cina sih kagak mungkin ada garansinya,"

Fakta ini mau mengatakan bahwa tak semua barang berlabel garansi (guaranty) atau jaminan. Hanya barang yang harganya standar (sesuai dengan harga pasaran resmi) dan pasti lebih mahal dibanding produk Cina dan orisinalitasnya pasti lebih terjamin.

Begitu juga dengan produk jasa, seperti asuransi. Kelas ruangan rawat inap yang Anda pilih di Rumah Sakit pasti menentukan kualitas-layanan yang anda dapatkan.

Anda mau pilih ruangan maua? Kelas BPJS (lyanan pemerintah), Kelas 3, Kelas 2, Kelas 1, VIP, VVIP ? Pembagian kelas di atas membedakan fasilitas dan pelayanan yang Anda dapatkan, seperti

  1. jumlah tempat tidur atau pasien dalam satu kamar,
  2. kondisi arsitektur ruang,
  3. kebersihan dan keindahan ruangan,
  4. ruangannya menggunakan AC atau kipas angin,
  5. kamar mandi didalam ruangan atau diluar ruangan,
  6. pasien ruangan mana yang lebih diutamakan,
  7. biaya rawat inap perhari masing-masing kelas ruangan, serta
  8. jenis dan harga obat yang diberikan.
Nah, Asuransi menawarkan produknya berdasarkan tingkatan layanan di atas. Semakin tinggi kelas yang Anda minta, akan semakin mahal premi yang Anda harus bayarkan. Singkat kata, jaminan yang anda butuhkan selalu berbanding lurus dengan uang yang anda setorkan. Masalah seimbang tidak, untung atau malah cekak, itu hanya persoalan hitung-hitungan para akuntan.

Anda butuh Jaminan? Siapkan uang Anda yang banyak. Kami akan memberikan lebih dari yang Anda bayarkan. Itu karena TAK ADA JAMINAN YANG GRATIS, KECUALI JAMINAN DARI TUHAN. ITU PUN HANYA BISA DIRASAKAN OLEH SEBAGIAN ORANG.


Lusius Sinurat
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter