Entri yang Diunggulkan

Kita Sedang Memproduksi Diri Kita Sendiri

Sejalan dengan Michel Foucault, di dunia postmodern, orang tak ingin menemukan dirinya sendiri, rahasia-rahasianya dan kebenarannya yang tersembunyi. Orang justru merasa diwajibkan untuk menciptakan dirinya sendiri. Melalui kemajuan teknologi transportasi dan komunikasi, relasi antar manusia semakin…

Agama, Uang dan Pesta

Agama, Uang dan Pesta
Bisa dipastikan bahwa biaya pesta pasti besar kalau dilangsungkan di tempat-tempat mewah. Begitu juga saat perayaan besar keagamaan tertentu diselenggarakan di di hall, balai pertemuan agung, gelanggang olahraga / stadion, hotel berbintang dengan segala macam kemewahan dan kemeriahannya pasti biayanya tidak murah.

Maka, dalam konteks perayaan keagamaan di balai agung, akan tampak wajar saja bila umat yang hadir bukanlah umat yang biasa nongol di rumah ibadah setiap minggunya, melainkan hanya umat yang diundang (undangan dengan kartu undangan terverifikasi).

Itu berarti si umat yang diundang tadi "harus" melunasi HTM (Harga Tiket Masuk) hall yang disewa pihak panitia. Atau, untuk menutupi biaya pesat yang menggapai milyaran rupiah, panitia pun harus kreatif, seperti segala bentuk atribut pestawan atau menggalang dana dari para sponsor (pebisnis).

Kondisi ini pasti berbeda dengan pesta rakyat di jaman dahulu yang dirayakan di lapangan terbuka (konon kebiasaan ini mencontoh kebiasaan perayaan besar kegamaan juga) dan selalu terbuka bagi siapapun yang ingin hadir. Pasti, tak mengharuskan kartu undangan resmi dan terverifikasi kepada among tamu saat memasuki area pesta.

Kebiasaan pesta mewah ini bahkan sering lebih mahal daripada pesta yang berlangsung di gelanggang politik. Tepatnya, saat khalayak yang diundang untuk memilih capres dan caleg seringkali diberi sejumlah uang sebagai HTM (harga tiket masuk) menuju kotak suara.

Di titik ini, kelimpahan "berkat Tuhan" dalam bentuk uang telah menjadi kunci kesuksesan sebuah pesta "rakyat" dan pesta keagamaan yang amat meriah itu.

Selamat Pesta bagi siapapun yang sedang/akan berpesta!


Lusius Sinurat
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter