Entri yang Diunggulkan

Simulacra dan Realitas Semu

Jean Baudrillard Bicara tentang komunikasi, tepatnya filsafat komunikasi tak bisa dilepaskan dari filsup bernama Jean Baudrillard.  Filsafat komunikasi yang dimaksud ialah suatu disiplin yang menelaah pemahaman secara fundamental, metodologis, sistematis, analitis kritis, dan holistis teori dari pro…

Pesparani, Wahana Sinergitas Gereja dan Negara

Pesparani, Wahana Sinergitas Gereja dan Negara
Pastor Redemptus Simamora, Lisa A. Riyanto, Lusius Sinurat

Pesparani Katolik merupakan tanda kehadiran Pemerintah di tengah masyarakat Katolik dan sebagai wadah kerjasama membangun bangsa dan Gereja Katolik Indonesia.

Kegiatan Pesparani ini memiliki nilai-nilai strategis untuk memperkokoh semangat, persaudaraan, keberagaman, dan kebhinekaan. Sebab umat Katolik membawa warna tersendiri dalam kehidupan berbangsa dan benegara sebagaimana juga menjadi harapan semua elemen masyarakat lain, yang mencita-citakan Indonesia yang makin maju, makin damai, dan bermartabat.

Sebagai bagian dari Gereja dan Negara, umat Katolik Idonesia sesungguhnya diharapkan menjadi garam dan terang (GaRang) dunia. Maka, melalui event Pesparani ini wajah gereja akan semakin tampak: dilihat dan dimaknai sebagai sarana untuk memperlihatkan wajah gereja Indonesia.

Pesparani Katolik dirancang dengan matang, didesain dengan mimpi sehingga mimpi gereja Indonsesia yaitu Gereja yang berbelaskasih dapat terwujud. Dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara ramai dengan isu yang menyinggung persatuan, wajah gereja bisa tampil dengan wajah yang ramah. Jangan sampai event seperti ini membuat gereja terpecah karena ego sektoral.

Akhirnya, kita berharapa agar para uskup selalu siap untuk bersinergi, sehingga kerja yang dibangun Ditjen Bimas Katolik melalui kerjasama dengan gereja dapat berjalan dengan baik. | 1 < 2 < 3 < 4 < Selengkapnya


Lusius Sinurat
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter