iCnHAQF62br424F1oK8RwyEkyucx21kDoKaV2DdH

Pesparani, Wahana Sinergitas Gereja dan Negara

Pesparani, Wahana Sinergitas Gereja dan Negara
Pastor Redemptus Simamora, Lisa A. Riyanto, Lusius Sinurat

Pesparani Katolik merupakan tanda kehadiran Pemerintah di tengah masyarakat Katolik dan sebagai wadah kerjasama membangun bangsa dan Gereja Katolik Indonesia.

Kegiatan Pesparani ini memiliki nilai-nilai strategis untuk memperkokoh semangat, persaudaraan, keberagaman, dan kebhinekaan. Sebab umat Katolik membawa warna tersendiri dalam kehidupan berbangsa dan benegara sebagaimana juga menjadi harapan semua elemen masyarakat lain, yang mencita-citakan Indonesia yang makin maju, makin damai, dan bermartabat.

Sebagai bagian dari Gereja dan Negara, umat Katolik Idonesia sesungguhnya diharapkan menjadi garam dan terang (GaRang) dunia. Maka, melalui event Pesparani ini wajah gereja akan semakin tampak: dilihat dan dimaknai sebagai sarana untuk memperlihatkan wajah gereja Indonesia.

Pesparani Katolik dirancang dengan matang, didesain dengan mimpi sehingga mimpi gereja Indonsesia yaitu Gereja yang berbelaskasih dapat terwujud. Dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara ramai dengan isu yang menyinggung persatuan, wajah gereja bisa tampil dengan wajah yang ramah. Jangan sampai event seperti ini membuat gereja terpecah karena ego sektoral.

Akhirnya, kita berharapa agar para uskup selalu siap untuk bersinergi, sehingga kerja yang dibangun Ditjen Bimas Katolik melalui kerjasama dengan gereja dapat berjalan dengan baik. | 1 < 2 < 3 < 4 < Selengkapnya


Lusius Sinurat

Posting Komentar

Saat menuliskan komentar, tetaplah menggunakan bahasa yang baik, sopan dan sebisa mungkin sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Please jangan mencantumkan link / tautan ya. Terimakasih.