Entri yang Diunggulkan

Kita Sedang Memproduksi Diri Kita Sendiri

Sejalan dengan Michel Foucault, di dunia postmodern, orang tak ingin menemukan dirinya sendiri, rahasia-rahasianya dan kebenarannya yang tersembunyi. Orang justru merasa diwajibkan untuk menciptakan dirinya sendiri. Melalui kemajuan teknologi transportasi dan komunikasi, relasi antar manusia semakin…

Model Pendekatan Komunitas

Model Pendekatan Komunitas
Masalah terpenting dalam konteks pembangunan dunia hari-hari ini adalah kesulitan
  • mendapatkan SDM dan tempat yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, dan 
  • memastikan sumber daya yang terintegrasi secara berkelanjutan.
Sementara kegagalan terbesar pembangunan internasional saat ini diakibatkan oleh:
  • pemborosan sumber daya yang diakibatkan oleh kurangnya pengetahuan yang komprehensif mengenai realitas di lapangan;
  • kurangnya akuntabilitas; dan
  • minimnya investasi yang mengakibatkan banyak uang terbuang karena dialokasikan untuk mengembangkan proyek-proyek negara.
Birokrasi Pemerintah

Hal ini terjadi ketika intervensi dari birokrasi pemerintah, lembaga asing, atau konglomerat transnasional memaksakan solusi "top-down" (atasan-bawahan) bagi persoalan di atas. 

Solusi top-down ini ternyata telah gagal memperhitungkan kebutuhan dan keinginan (arus) bawah.

Swadaya Komunitas

Sementara itu, keberhasilan dan keberlanjutan sebuah komunitas atau masyarakat akan terwujud apabila solusi bagi persoalan komunitas diidentifikasi dan diperbaiki sendiri oleh anggota komunitas yang yang yang lebih memahami seluk-beluk isu lokal di tempat mereka tinggal.


lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter