iCnHAQF62br424F1oK8RwyEkyucx21kDoKaV2DdH

Pancasila Roha Pemersatu Bangsa

Pancasila Roha Pemersatu Bangsa

Pancasila itu dasar negara. Pancasila pedoman kita sebaga bangsa Indonesia dalam bertutur dan bersikap. Negara tanpa dasar yang kuat akan berjalan sempoyongan.

Maka, untuk mengimplementasikan Pancasila sebagai falsafah bangsa dan negara RI, kita perlu tahu, mempelajari dan menghidupi spirit Pancasila dalam berbagai konteks.

Ada 2 cara kita mengamalkan Pancasila: [1] Pancasila bisa kita jadikan sebagai pandangan komprehensif (deduktif); dan [2] mengamati, menilai, dan memaknai fenomena yang dalam sudut pandang Pancasila (induktif)

Di titik ini sangat penting pemahaman tentang Pancasila sebagai "cahaya" yang lahir bersamaan dengan lahirnya bangsa Indonesia. Faktanya, hanya bangsa yang punya identitas lah yang bisa menjadi bangsa besar dan dihargai bangsa lain.

Kembali pada spirit Pancasila, kita bisa melihat keanggunan ideologisnya pada setiap silanya:
[1] Secara #ontologis, ke-5 Pancasila itu saling terkait, dan sudah terbukti ampuh menginhatkan bangsa ini tentnga bahaya materialisme, liberalisme, kapitalisme, komunisme, dst.

Dasar ontologis pancasila terdapat pada nilai-nilainya yang luhur: #Sila1 Tuhan adalah causa prima, #Sila2 Manusia sebagai individu sekaligus mahluk sosial, #Sila3 Persatuan dalam keberagaman sebagai kekhasan,#Sila4 Rakyat sebagai SDM bersemangatkan gotong royong, & #Sila5: Adil bagi diri sendiri dan orang lain.

[2] Secara #epistemologis, Pancasila merupakan believe system yang nilai²nya berdasarkan ilmu pengetahuan. Di titik ini Pancasila merupakan sistem universal (hakikat ke-5 sila), kolektif (pedoman hidup) dan khusus & konkrit (praksis).

[3] Secara #aksiologi, Pancasila adalah sesuatu yang bernilai hakiki dan dapat dijadikan sebagai solusi bagi setiap perkara sosial, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan kemanan, dst dalam negara kita.

Akhirnya, kita butuh pandangan/acuan dalam berbangsa dan bernegara; dan Pancasila adalah solusinya.

Selamat Hari Lahir Pancasila!

Lusius Sinurat
*disampaikan pada FGD "Dialog Publik Hari Lahir Pancasila" ▪︎ Medan, 1 Juni 2023▪︎ Topik
"Pancasila Dalam Konsep dan Perilaku Anak bangsa"


Posting Komentar

Saat menuliskan komentar, tetaplah menggunakan bahasa yang baik, sopan dan sebisa mungkin sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Please jangan mencantumkan link / tautan ya. Terimakasih.