iCnHAQF62br424F1oK8RwyEkyucx21kDoKaV2DdH

Gairah Hidup

Gairah Hidup

Gairah hidup yang sejati adalah salah satu elemen biasa dalam hidupan manusia, kecuali ia dirusak oleh keadaan yang tidak menguntungkan.

Seseorang yang tak pernah mengalami gangguan serius (misalnya kebebasannya dibatasi), ia akan tetap memiliki minat yang wajar terhadap dunia luar dan merasa hidup ini menyenangkan.

Jelas, hilangnya gairah hidup disebabkan oleh pembatasan kebebasan. Padahal kebebasan adalah elemen terpenting dalam cara kita hidup.

Bila seorang pemburu di era primitif, akan pergi berburu saat merasa lapar, maka pekerja modern akan makan lebih dahulu sebelum pergi bekerja pada jam tertentu.

Pada dasaranya, baik si pemburu maupun si pekerja terdorong oleh impuls yang sama: mencari nafkah.

Impuls itu beroperasi secara tidak langsung melalui abstraksi, keyakinan dan keinginan. Bekerja adalah cara untuk memuaskan rasa lapar yang pasti akan muncul.

Bedanya, kalau pada diri si pemburu, impuls itu tidak teratur, sedangkan pada diri si pekerja modern impuls itu teratur.

Dalam masyarakat primitif impuls itu selalu bersifat spontan dan impulsif. Tatkala sebuah suku hendak berperang, tabuhan genderang perang secara spontan akan menggelorakan semangat perang dan mengilhami setiap anggota suku untuk melakukan apa yang dibutuhkan.

Sementara dalam masyarakat masyarakat modern, impuls itu lebih teratur. Setipa pekerja modern wajib melakukan tugasnya, karena pekerjaan itu memang wajib mereka lakukan.

Tak ada impuls dalam diri mereka untuk beraktivitas, sebab mereka hanya terdorong untuk mendapat balasan atau jasa (biasa dalam bentuk gaji) mereka dalam melakukan pekerjaannya.

Ini terjadi karena di setiap saat dari hidup orang modern dikelilingi oleh larangan-larangan atas impuls. Jika kebetulan seseorang merasa gembira, ia tidak boleh menyanyi dan menari di jalan; begitu juga jika kebetulan ia merasa sedih, ia tidak boleh duduk menangis di trotoar. Tentu, agar tidak mengganggu pejalan kaki.

Di masa muda kebebasannya dibatasi di rumah dan di sekolah, dan di masa dewasa dibatasi oleh jam-jam kerja.

Fakta ini mempersulit orang mendapatkan gairah hidup, sebab kek


Posting Komentar

Saat menuliskan komentar, tetaplah menggunakan bahasa yang baik, sopan dan sebisa mungkin sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Please jangan mencantumkan link / tautan ya. Terimakasih.