iCnHAQF62br424F1oK8RwyEkyucx21kDoKaV2DdH

Tulang dan Nantulang

Tulang dan Nantulang

Ibuku punya adik 3 laki-laki dan 1 perempuan. Artinya kami punya 3 Tulang dan 1 tante: [1] Tulang Mala Sitanggang/br. Sihombing (Op. Sara);

[2] Tulang Hotlan Sitanggang (+)/ br. Malau (Op. ?); [3]Tukang Chandro Sitanggang / br. Tampubolon (Op.?); & [4] Tante Mintang br. Sitanggang /Aruan (op?)

Mereka adalah adik-adik kandung, dan ibu kami, Op. Christopel Boru Sitanggangm (+), putri tertua dari pasangan Op. Rusmala Sitanggang /br. Malau.

Kami 7 bersaudara, anak Op. Cristophel Sinurat/br. Sitanggang beruntung punya 3 Tulang yang sangat baik dan kami cintai. Sedihnya, Tulang kedua sudah meninggal lebih dulu.

Oh ya, Tulang= paman dan Nantulang= bibi.

Nah, Tulang Rusmala Sitanggang / boru Sihombing termasuk paling dekat dengan saya dan mendiang belahan jiwaku @lisa_huan9 yang telah dipanggil Tuhan 6 April 2022 silam.

Bagaimana tidak, Tulang & nantulang yang kini "digelari" Op. Sara Sitanggang dan Op. Sara br Sihombing ini sekaligus jadi mertuaku juga. Ya, Lisa dipaboruhon (diangkat jadi orang Batak) kepada keduanya dan diberi boru Sitanggang.

Tak lama setelah ayah-ibu meninggal, Op. Sara Sitanggang/br Sihombing mengambil peran sebagai orangtuaku juga. Artinya, kini keduanya adalah Tulang/Nantulang, mçhertua sekaligus sebagai ayah dan ibu ku.

Yang menarik sosok dua orang yang ini adalah Tulangku pendiam, tapi Nantulang cerewet. Tulangku masih rada gaul dan masih lancar bahasa Indonesia, tapi nantulangku cuma bisa bahasa Batak Toba ori.

Tentu saja saya kagum dengan Nantulangku ini, karena ia tak pernah dibohongi saat melakukan transaksi bianisnya. bermodalkan sejujurnya saya sangat kagum dalam hal ketidakmampuannya berbahasa Indonesia.

Bagaimana tidak,hampir tiap hari dia belanja untuk keperluan tokonya, juga harus melayani orang yang bahkan tidak bisa bahasa Batak. Lagi, dia begitu cerdas menghafal harga-harga barang jualannya.

Tak hanya itu, Nantulang berambut pirang ini bahkan sudah merencanakan perjalanan bulan Maret selama 15 hari untuk memuaskan rasa kangennya kepada 3 cucunya ke Jepang. Barusan dia bertanya dengan semangat, "Lusius, nunga kaluar Visa ku bo?"

Ini cerita nantulangku, bagaimana dengan nantulangmu?

#sainaadongdo


Posting Komentar

Saat menuliskan komentar, tetaplah menggunakan bahasa yang baik, sopan dan sebisa mungkin sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Please jangan mencantumkan link / tautan ya. Terimakasih.