Ad Unit (Iklan) BIG

Tahapan Ritus Perkawinan Adat Batak Toba

Tahapan Ritus Perkawinan Adat Batak Toba


Upacara perkawinan adat Batak-Toba terjadi dalam suatu proses panjang, mulai dari upacara inisasi kedewasaan, tahap berkenalan, peminangan, penentuan maskawin, pemberkatan (di Gereja), pesta adat perkawinan, hingga menjemput pengantin.

Dengan melihat tahap-tahap ini, tidak mengherankan apabila upacara perkawinan adat Batak-Toba tampak rumit dan memakan waktu yang begitu lama.

Sedemikian rumit, sehingga sulit mencari locus rei perkawinan dan ratum-nya ikatan perkawinan tersebut, baik ditinjau dari sudut pelaksanaan esensinya maupun aspek yuridisnya.

Bahkan mengenai hal itu, para pakar adat Batak (Batakolog) tidak sanggup menunjukkan saat yang tepat. (Anicetus B. Sinaga, Permata Perkawinan Adat Batak Toba dalam Jurnal SAWI (edisi No. 3. April 1990). Jakarta: KKI-KWI, 11 Desember 1976, hlm. 7-8.)

Bagaimana proses panjang itu berlangsung  akan di diuraikan dalam tahap-tahap berikut (klik tautan!)


lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Subscribe Our Newsletter