Entri yang Diunggulkan

Simulacra dan Realitas Semu

Jean Baudrillard Bicara tentang komunikasi, tepatnya filsafat komunikasi tak bisa dilepaskan dari filsup bernama Jean Baudrillard.  Filsafat komunikasi yang dimaksud ialah suatu disiplin yang menelaah pemahaman secara fundamental, metodologis, sistematis, analitis kritis, dan holistis teori dari pro…

Merawat Kerukunan dan Keharmonisan

Merawat Kerukunan dan Keharmonisan
Telah disinggung pada tulisan sebelumnya, orang muda harus peduli terhadap kerukunan dan keharmonisan sosial, saya mengajak para tokoh pemuda, untuk meneladani pola keberagamaan yang telah ditunjukkan generasi-generasi awal bangsa ini.

Ada 3 hal penting yang dituntut untuk memelihara kerukunan dan harmonitas sosial tersebut, yakni, para tokoh pemuda seyogianya:
  1. mengembangkan pluralisme agama dalam konstruksi pemahaman pembangunan kerukunan dan harmonitas sosial yang mencerahkan bagi Indonesia hari ini dan masa depan. 
  2. tak mudah terperangkap menggunakan simbol agama sebagai alat politik untuk menyerang umat yang beragama lain. 
  3. menyadari adanya perbedaan latar belakang (agama) dan meletakkan perbedaan itu sebagai ranah untuk saling menghormati ajaran (agama) lain, untuk selanjutnya menumbuhkan keimanan yang kokoh pada masing-masing umat, dan sekaligus membangun kerja sama yang lestari antarumat beragama. 
Perlu kita pahami bahwa wilayah Sumut ini adalah milik kita tanpa harus ada memtakannya berdasarkan agama, suku, dan etnis yang ada. Umat Islam, Kristen, Buddha, Hindu, Khonghucu dan lain-lainnya serta etnis atau suku apa pun memiliki hak yang sama untuk menikmatinya, serta sama-sama berkewajiban untuk melestarikannya.

Konsekuensinya, kita semua bertanggung jawab mengembangkan kehidupan yang lebih baik, sejahtera, dan damai. Bagaimanapun, semua langkah dan upaya tersebut harus kita pertanggung jawabkan dihadapan Sang Pencipta. 

Maka, kita tidak boleh berbuat sewenang-wenang, seperti mendiskreditkan atau berbuat biadab terhadap orang/kelompok lain yang berbeda dengan kita, sebab inilah inti suatu keberagamaan yang hakiki. >> Selengkapnya!


Lusius Sinurat
lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter