Entri yang Diunggulkan

Simulacra dan Realitas Semu

Jean Baudrillard Bicara tentang komunikasi, tepatnya filsafat komunikasi tak bisa dilepaskan dari filsup bernama Jean Baudrillard.  Filsafat komunikasi yang dimaksud ialah suatu disiplin yang menelaah pemahaman secara fundamental, metodologis, sistematis, analitis kritis, dan holistis teori dari pro…

Tata Cara Merangkai Bunga Altar

Tata Cara Merangkai Bunga Altar 6. Tata Cara Merangkai Bunga Altar

Menghias Gereja, menata bunga Altar maupun mendekor ruagan untuk perayaan Ekaristi atau ibadat sabda dirumah mempunyai kiat-kiat tertentu.Selain warna liturgi dan Masa liturginya, harus pula diperhatikan keserasiannya secara menyeluruh.
Menghias altar dan panti imam sebaiknya jangan mengganggu lalu lintas atau kelancaran berlangsungnya Perayaan Ekaristi. Tata ruang gereja menjadi lebih indah atau serasi bila disertai tata hias bunga dan warna-warna liturgi yang harmonis.
Seseorang yang menyediakan waktunya untuk datang dan merangkai bunga di gereja, diharapkan mempunyai niat dan motivasi untuk memuliakan Tuhan, Juga sifat kekeluargaan yang sangat menunjang eratnya kerja sama, tanpa ada motifasi lain atau ambisi pribadi.

Sebelum berkarya, kita berdoa dan lebih baik lagi kalau kita berdoa dalam hati pada saat ambisi pribadi. Untuk bentuk rangkaian dapat dipilih antara lain :
  1. Gaya Eropa : Lebih banyak bunga
  2. Gaya Jepang : Agak sedikit bunga
  3. Gaya Tradisional : kombinasi dengan melati atau janur.
Apakah Fungsi rangkaian bunga di gereja maupun dirumah dalam kaitannya dengan perayaan liturgi? Sudah tentu untuk memperindah rumah Tuhan atau ruang ibadat di lingkungan atau tempat-tempat lain, sehingga umat yang beribadat merasa nyaman, serasi dan sejuk dalam mengikuti misa atau upacara liturgi lainnya.

Semua itu membantu umat untuk berdoa dan menyelami keindahan dan keagungan Tuhan yang hadir ditengah UmatNya.  Lanjut Baca! 

1 < 2 < 3Seni Merangkai Bunga Altar Gereja > 5

lusius-sinurat
Berbagai ide dan gagasan yang sempat terekam, dituliskan dan dibagikan kedalam tema-tema, seperti Filsafat, Teologi, Budaya, Politik, Pendidikan, dll oleh Lusius Sinurat. Kritik dan Saran silahkan kirimkan via email [email protected].

Related Posts

Posting Komentar






DONASI VIA PAYPAL
Bantu berikan donasi jika Anda merasa artikel di Blog ini sungguh bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain lusius-sinurat.com. Terima kasih.

Subscribe Our Newsletter